Menulis dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah? Siapa Takut!

3 0 46
Gambar untuk Menulis dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah? Siapa Takut!
Menyusun karya tulis ilmiah merupakan salah satu tuntutan profesi bagi seorang guru. Permasalahannya adalah tidak semua guru memiliki kemampuan dalam menyusun karya tulis ilmiah dengan baik, salah satunya yang berbentuk artikel ilmiah. Berangkat dari masalah tersebut, maka tim pengabdian PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram berkesempatan untuk memberikan pelatihan semacam workshop kepada bapak ibu guru Sekolah Dasar Negeri 1 dan 5 Pemenang Barat, Kabupaten Lombok Utara. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu tepatnya tanggal 4 dan 5 September 2020 yang diikuti sebanyak 20 guru, terdiri dari guru kelas, guru olahraga, guru agama, dan guru muatan lokal.
Teknis pelaksanaannya disetting menjadi 2 kegiatan, yaitu secara daring (online) semacam webinar, khusus untuk SDN 5 Pemenang Barat. Sementara secara luring (offline) diperuntukkan bagi guru-guru SDN 1 Pemenang Barat. Hal ini diputuskan atas pertimbangan tertentu dikarenakan kegiatan pelatihan dilaksanakan di masa pandemik Covid-19 yang melarang orang-orang untuk berkerumun, sehingga tercetuslah ide tersebut. Tetapi tidak mengurangi kebermaknaan berlangsungnya kegiatan sehingga guru-guru tetap belajar untuk memahami paparan materi yang disampaikan oleh tim dosen.
Paparan materi yang pertama merupakan pelatihan yang mencakup teori dan praktik sedangkan tahap kedua adalah bimbingan dalam melakukan publikasi artikel pada jurnal ilmiah. Selama kegiatan pelatihan, bapak ibu guru tampak sangat antusias ketika mendengarkan dan aktif bertanya pada saat forum diskusi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dapat menambah wawasan dan keterampilan guru dalam menulis Karya Tulis Ilmiah. Lebih jauh dari itu, capaian kegiatan yang sesungguhnya adalah guru dapat melakukan publikasi artikel pada jurnal ilmiah secara mandiri sebagai salah satu tuntutan profesi sebagai seorang guru. Dikarenakan keprofesionalan seorang guru tidak terjadi secara otomatis, tetapi akan semakin meningkat secara bertahap dengan didasarkan atas kemampuan dan kemauan guru di dalam meningkatkan profesionalisme itu sendiri.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Hal Loker

    yoga libiya  di  Setiabudi, Jakarta Selatan  |  12 Jan 2021
  2. PMI Kota Bandung Gelar Pelatihan Jurnalistik

    Rudi S  di  Bandung Wetan, Bandung Kota  |  10 Jan 2021
  3. Captain Afwan, Pilot Sriwijaya Air Yang Jatuh, Mantan Penerbang TNI AU

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Jakarta Utara  |  9 Jan 2021
  4. WN 88 Sektor Cikarang Barat Sub Unit 01 Bekasi Raya Priode 2021-2023 Resmi Diberikan SK

    Indra Gunawan  di  Cikarang Barat, Bekasi Kabupaten  |  9 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 12
    Komentar

    KSR PMI KOTA BANDUNG GELAR PELATIHAN JURNALISTIK DASAR

    dede adi sukmana  di  Bandung Wetan, Bandung Kota  |  10 Jan 2021
  2. 8
    Komentar

    PMI Kota Bandung Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik

    Annisa Qurrotu Ainy  di  Bandung Wetan, Bandung Kota  |  10 Jan 2021
  3. 7
    Komentar

    PMI Kota Bandung Kembali Mengirimkan Relawan ke Bencana Longsor Sumedang

    KSR PMI Kota Bandung  di  Bandung Wetan, Bandung Kota  |  11 Jan 2021
  4. 6
    Komentar

    Hal Loker

    yoga libiya  di  Setiabudi, Jakarta Selatan  |  12 Jan 2021