MENUJU DESA MANDIRI DENGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI DESA

40528 medium post 47872 c3a512a9 ee92 4e4e 9448 4b61238956f5 2018 11 24t22 23 23.400 08 00
SID Sambik Elen-Aplikasi Sistem Informasi Desa merupakan aplikasi Pengolah Data Dasar Desa yang bersifat Open source/terbuka. Aplikasi yang pemanfaatannya sekaligus dapat sebagai Website Desa ini pertama kali diperkenalkan ke Kabupaten Lombok Utara(KLU) pada Tahun 2014 silam.

Saat di perkenalkan pertama kali oleh pengembangnya yaitu Combine Resource Institutions(CRI) kepada Pemda dan 33 Operator Desa se-KLU, aplikasi ini langsung menarik perhatian semua Pemerintah Desa untuk menerapkan aplikasi ini dengan segala manfaat yang dimilikinya.

Aplikasi SID ini utamanya difungsikan sebagai aplikasi untuk mengolah data dasar kependudukan, dengan menginput semua data penduduk aplikasi SID, aplikasi SID seketika dapat meng-klasifikasikan data berdasarkan usia, pendidikan, agama, pekerjaan dan lain-lain.

Selain mengelola data penduduk, Aplikasi ini dapat dipergunakan sebagai aplikasi pelayanan surat. Waktu tunggu yang dibutuhkan oleh Pemohon surat(Masyarakat) sangat efisien, karena didalam aplikasi sudah terinput beragam jenis surat yang sering dibutuhkan masyarakat, sehingga staff hanya menginput nama Kepala Keluarga,nomor surat, petugas yang akan tanda tangan kemudian mencetaknya.

Saat ini semua desa di KLU telah menggunakan aplikasi SID secara optimal, 33 Desanya juga sudah masing-memiliki website, sehingga Warga Desa di KLU dapat langsung memantau semua kegiatan, Anggaran Desa, Pendapatan dan Pengeluaran Desanya cukup dengan membuka Website desanya.

Kasi Pengembangan Pemerintah Desa, Bpk. Edy Susanto berharap, kedepannya diharapkan Aplikasi SID dapat dikembangkan lagi fungsinya oleh semua Operator SID KLU sebagai media pengolah Basis Data Terpadu(BDT). "Saat ini Kami sedang mengupayakan penggunaan aplikasi SID sebagai pengolah Basis Data Terpadu(BDT) yang datanya bersumber dari Dinsos, sehingga Desa dapat menganalisis dengan cepat dan akurat Warga yang layak mendapatkan Bantuan Sosial" pungkasnya kepada Operator SID Sambik Elen pada akhir oktober lalu.(H/E)
Sudah dilihat 44 kali

Komentar