Menjemput Asa Menjadi Desa Wisata: Desa Wisata Bujak

15 October 2019, 08:26 WIB
3 0 147
Gambar untuk Menjemput Asa Menjadi Desa Wisata: Desa Wisata Bujak
Bujak, 11 Oktober 2019- Lombok Tengah merupakan salah satu dinasti wisata di Indonesi, karena daerah ini menyimpan pesona alam yang sangat indah. Hamparan pasir putih sepanjang pantai, warna warni air laut bak pelangi menghiasi lautan lepas nan permai dan yang paling menarik adalah even sirkuit motor GP yang akan di gelar di pantai kuta pada tahun 2021, yang tentunya semua pasang mata akan terfokus ke Lombok Tengah khususnya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.
Untuk menghadapi lonjakan jumlah wisatawan yg akan berkunjung ke Lombok Tengah, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah menyiapkan berbagai macam program, salah satunya POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) Implementasi program ini dimulai dari desa karena pembangunan sebuah daerah berawal dari desa.
Oleh karena itu untuk mendukung program tersebut, maka Kepala Desa Bujak H.Musrihin Halidi, SH mengambil inisiatif untuk membentuk Pokdarwis Desa Bujak sebagai cikal bakal untuk membangun Desa Bujak Menjadi salah satu Desa Wisata di Kabupaten Lombok Tengah.
Inisiatif Bapak Kepala Desa telah ditindak lanjuti dengan membentuk Pokdarwis yang diketuai oleh Martawan S.Pd.
Sebagai langkah awal yang harus dilakukan adalah mensurvey spot-spot wisata dan menginventarisir jenis-jenis budaya dan kuliner khas desa Bujak sebagai paket-paket wisata yang bisa dijual kepada wisatawan.
Dari hasil survey dan inventarisasi tersebut ternyata Desa Bujak memiliki keindahan panorama alam yang indah dengan suasana pedesaan yang tenang dan aman.
Daya tarik lain yang dimiliki Desa Bujak berupa budaya tradidional seperti: rumah adat tradisional, seni tradisional Gendang Beleq, olah raga tradisional presean serta kuliner tradisional dan hasil bumi berupa sayur dan buah-buahan yang bisa dipetik langsung dari pohonnya.
Langkah berikut untuk menjemput asa menjadi desa wisata, maka Kelompok Sadar Wisata Desa Bujak sedang mempersiapkan Acara Launching Desa Wisata Desa Bujak yang akan dihadiri oleh para petinggi di negeri ini antara lain: Bapak Bupati Lombok Tengah, Bapak Gubernur Nusa Tenggara Barat, dan Menteri Desa PDTT RI.
Semoga asa yang telah dirajut bersama akan segera terealisasi segera sehingga akan berimplikasi terhadap bergeraknya roda perekonomian desa sehingga bermuara pada kesejahteraan warga Bujak pada khususnya dan Lombok Tengah pada umumnya. (Zulkarana)

  Komentar untuk Menjemput Asa Menjadi Desa Wisata: Desa Wisata Bujak

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. New Normal Starter Pack

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Cibeurum, Sukabumi Kota  |  30 May 2020
  2. Warga RW 22, Mergangsan Kidul Sulap Selokan Jadi Lahan Budidaya Ikan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  2 Jun 2020
  3. Viral Video Anak Merokok, Yayasan Lentera Anak : Pelanggaran Peraturan Dan Hak Anak

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Jagakarsa, Jakarta Selatan  |  28 May 2020
  4. Penyakit Cengkal

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Kalipuro, Banyuwangi  |  30 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar

    Aceh Sukses Putus Rantai Penyebaran COVID

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  28 May 2020
  2. 3
    Komentar

    TIDAK PERLU AJARI KAMI NEW NORMAL, SUDAH BIASA BOSCU

    Dhani Rama  di  Palu Kota  |  1 Jun 2020
  3. 3
    Komentar

    KAMPUNG UJUNG BERBENAH SAMBUT NEW NORMAL

    Ayu Darwiyanti  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  31 May 2020
  4. 2
    Komentar