Menjaga Sumber Air Kehidupan Dipemulihan Masyarakat Pidie Jaya

24996 medium img 20180504 wa0002

Ribuan warga di empat kecamatan di Kabupaten Pidie jaya Provinsi Aceh sudah bisa memampaatkan instalasi air bersih yang dibangun Palang Merah Indonesia (PMI),serta dukungan TIDES dan Telkomsel.

"Ini merupakan salah satu komitmen kuat PMI dalam rangkaian program bantuan pemulihan paska gempa Pidie jaya yang terjadi setahun silam yang masih menyisakan cerita duka khususnya bagi warga pidie jaya Aceh" Ungkap ungkap Kasubdiv Tanggap Darurat dan Pemulihan PMI Pusat Ridwan.S. Carman.

Menurutnya, dalam pelaksanan operasi pemulihan ini, selain difokuskan pada bantuan ProgramTransper Tunai (PTT) pada sektor bantuan mata pencaharian (Livelihood) dan hunian (Shelter), juga di targetkan pembanguan infrastruktur sumur bor dan instalasi air bersih yang tersebar dibeberapa titik di wilayah pidie jaya, termasuk pembangunan meunasah dibeberapa fasilitas publik.
Dalam pelaksanaan programnya, PMI bersama Tides dan telkomsel melakukan intervensi dibeberapa titik wilayah program diantaranya :
Untuk bantuan TIDES diantaranya :
KECAMATAN dan GAMPONG
1. MEUREUDU
- Gampong Meuraksa
- Gampong Kuta Trieng
- Gampong Manyang Cut
2. BANDAR BARU
- Gampong Baroh Musa
3. BANDAR DUA
- Gampong Keudee Ulee Gle
- Gampong Peulakan Cebrek
- Gampong Pohroh
4. JANGKA BUYA
- Gampong Muko Meugit

Adapun untuk Bantuan TELKOMSEL dianataranya :
KECAMATAN
1. TRIENGGADENG
- Gampong Kuta Pangwa
- Gampong Raya
- Gampong Deah Teumanah
2. BANDAR BARU
- Gampong Paru Keudee

Salahsatu tokoh masyarakat Di desa Jeulanga Mata Ie kecamatan Bandar Dua Pidie Jaya, Basri Ahmad. menuturkan ucapan terimakasihnya atas pembangunan renovasi sumber air di kampungnya ini yang merupakan bantuan PMI dan Telkomsel ini. menurutnya, sumber air warga yang berada di wilayahnya ini sebagai sumber pasokan warga untuk mencukupi kebutuhan sehari hari memenuhi kebutuhannya.

"Saat musim kemaraupun, sumber air disini tidak pernah surut, bahkan pada saat Tanggap darurat bencana Gempa pidie, Air disini menjadi tempat pengambilan air yang didistribusikan PMI dan lembaga lainnya untuk mensuplay kebutuhan pengungsi" Ungkapnya.

Dengan adanya bantuan renovasi dan penataan serta pembangunan meunasah dilokasi, seluruh warga menyambut bahagia, dan bisa memampaatkan kebutuhan air disini.

Komentar