Menghadapi era industri 4.0, Kuasailah Skill-Skill Ini!

11 July 2019, 21:51 WIB
7 1 328
Gambar untuk Menghadapi era industri 4.0, Kuasailah Skill-Skill Ini!
Apakah perkerjaan yang kita lakukan saat ini akan bertahan beberapa tahun kedepan? Sudah siapkah jika pekerjaan kita akan diambil alih oleh robot? Pertanyaan tersebut bukan untuk menakuti siapapapun. Ini bahan renungan untuk kita agar selalu siap dengan perubahan. Diperkirakan pada tahun 2020, Revolusi Industri yang keempat akan membawa kita pada dunia baru tersebut. Mengutip hasil Forum Internasional tahunan yang bertemakan “Mastering the Fourth Industrial Revolution” pada 2016 lalu, Revolusi Industri 4.0 ini akan menyebabkan disrupsi atau gangguan bukan hanya di bidang bisnis saja, namun juga pada pasar tenaga kerja. Dengan semua perubahan tersebut, maka jangan heran jika nantinya ada banyak jenis pekerjaan yang hilang dan akan digantikan oleh jenis pekerjaan baru yang tak pernah terpikirkan sebelumnya.
Penelitian McKinsey Global Institute Analysis 2017 menyebutkan secara global sekitar 375 juta pekerja mungkin harus mengubah kategori pekerjaan mereka. Industri 4.0 lebih dari sekadar otomatisasi, perubahan ini sudah pasti akan ada pengaruhnya terhadap ketenagakerjaan.

Perubahan yang menjadi bawaan Revolusi Industri 4.0 ini tentu menuntut skill atau kemampuan yang selaras dan mumpuni. Apa saja sih skill yang dibutuhkan untuk menghadapi era baru tersebut? Nah, World Economic Forum juga merilis 10 skill yang mutlak dibutuhkan para pekerja untuk bisa menghadapi perubahan pada 2020 dan seterusnya, terutama karena adanya Industri 4.0. Skill tersebut di antaranya pemecahan masalah yang komplek, berpikir kritis, kreativitas, manajemen manusia, berkoordinasi dengan orang lain, kecerdasan emosional, penilaian dan pengambilan keputusan, berorientasi servis, negosiasi, dan fleksibilitas kognitif.

Menariknya, lebih dari setengah skil tersebut merupakan soft skill. Artinya, soft skill menjadi salah satu faktor paling penting untuk dimiliki para pekerja di masa depan, seperti kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain, memecahkan masalah, serta aspek kecerdasan emosional lainnya.Untuk itu mulai saat ini jangan hanya berfokus pada hard sklill, namun mulailah perdalam soft skill agar kita mampu beradaptasi dengan era yang serba cepat tersebut. Semoga bermanfaat! #atmaGobanten #pengembangandiri

  1 Komentar untuk Menghadapi era industri 4.0, Kuasailah Skill-Skill Ini!

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Lautan Alam

harus itu, terutama generasi milenial yang gandrung dengan tekhnologi gedget perlu dibekali soft skill.

Related Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Penimbunan Lokasi Smelter PT. GNI Diduga Tidak Memiliki IUP

    Sandy Makal  di  Morowali Utara  |  24 Jan 2020
  2. Dugaan Pencemaran Nama Baik, Hendly Tempuh Jalur Hukum

    Sandy Makal  di  Palu Kota  |  15 Jan 2020
  3. MAKSIMALKAN ATMAGO SEBAGAI UPAYA KESIAPSIAGAAN BENCANA

    Agus Basuki RAPI  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  4. SAMPAH BAGAIKAN KELUARGA

    Konco Longok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020

Komentar Terbanyak

  1. 11
    Komentar

    MAKSIMALKAN ATMAGO SEBAGAI UPAYA KESIAPSIAGAAN BENCANA

    Agus Basuki RAPI  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  2. 9
    Komentar

    PENGENDANG BANYUWANGI (FATWA AMIRULLAH)

    fatwa amirullah kendang  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020
  3. 5
    Komentar

    SAMPAH BAGAIKAN KELUARGA

    Konco Longok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  4. 5
    Komentar

    BPBD BANYUWANGI SIAGA BENCANA(diklat pmi)

    Hendika Londho  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020