MENGGALI POTENSI, MEMBANGUN KERJASAMA

40052 medium post 47441 a72b06ff 650d 4f8a ab6f 3493059f40f2 2018 11 22t10 17 06.180 08 00 40053 medium post 47441 bacd9f5f 8214 450d 9d45 49b44a13deb4 2018 11 22t10 17 07.476 08 00
Salah satu upaya strategis yang dapat dilaksanakan dalam upaya optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan di daerah adalah kebijakan kerjasama daerah yang yang dilaksanakan sesuai kondisi dan kebutuhan masing-masing daerah. Dinamika lingkungan internal dan eksternal yang semakin dinamis di daerah mengharuskan adanya sinergi dan kerjasama antardaerah dalam penyelenggaraan kewenangan yang dimiliki. Batasan kerjasama dimaksud juga juga dapat dilakukan dengan pihak ketiga, tidak harus bersifat G to G.
Berangkat dari rasional tersebut, pemerintah daerah Lombok Tengah kemudian mengupayakannya secara bertahap. Diawali dari dilaksanakannya Sosialisasi Kerjasama Daerah di DMAX Hotel pada tanggal 22 November 2018. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai ajang untuk memperkuat implementasi dari istilah yang sudah didengungkan sejak lama yaitu kerjasama daerah. Ada tiga fokus penting dalam upaya ini yaitu (1) menginventarisir kerjasama yang selama ini sudah dilakukan oleh pemerintah daerah Lombok Tengah melalui berbagai badan dan dinas yang ada; (2) menginventarisir potensi yang dimiliki oleh daerah Lombok Tengah yang dapat dijadikan peluang untuk membangun kerjasama dengan pihak lain dan (3) meningkatkan pemahaman dan komitmen kerjasama daerah oleh para pelaku.
Sekretaris Daerah Lombok Tengah, H. Nursiah, S.Sos., M.Si. menekankan pentingnya upaya tersebut dilaksanakan secara serius tidak sekedar menjadi jargon semata. Bagaimanapun juga, hal yang tidak dapat disepelekan, perlu diingat dan tidak dapat dipungkiri adalah bahwa kemajuan negara hanya dapat dicapai melalui kemajuan daerah. Salah satu upaya akselerasi pembangunan tentu dengan melakukan kerjasama multipihak sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh masing-masing pihak.
Untuk dipahami, Kabupaten Lombok Tengah merupakan daerah yang penuh dengan potensi, hanya saja belum dikembangkan secara maksimal. Urusan masing-masing bagian di Pemda belum sepenuhnya berasal dari pengelolaan potensi yang ada, meski pun jika merujuk kepada APBD Lombok Tengah dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan. Tugas yang kemudian harus dipertegas dan difokuskan adalah bagaimana pengelolaan APBD tersebut mampu menunjukkan kinerja yang mensejahterakan masyarakat.
Di akhir sambutannya, Sekda menyampaikan himbauan agar semua elemen di Lombok Tengah bergerak bersama untuk membangun daerah dengan potensi yang ada. Termasuk juga para pihak yang duduk sebagai Tim Koordinasi Kerjasama Daerah (TKKSD) yang bersekretariat di Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Setda Lombok Tengah. Semua harus bergerak bersama sesuai kewenangan masing-masig dengan komitmen sama untuk memajukan daerah Lombok Tengah. Semoga....
Mari berubah bersama #atmaGO
Wujudkan upaya warga bantu warga
Sudah dilihat 52 kali

Komentar