Mengetahui cara pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor

29425 medium stnk
Bekasi kota. Buat yang bingung dengan proses pengurusan perpanjang STNK yang masa berlakunya sudah habis baik STNK maupun plat nomor kendaraan, jangan dulu dibawa pusing, atau jangan bingung malah exstrimnya jangan percaya dengan iming-imingan calo yang bilang jika proses pengurusan tersebut sangat susah bahkan kerap dipersulit. Next Saya akan ajak untuk mengetahui bagaimana kemudahan proses pengurusan perpanjang pajak kendaraan bermotor yang ada di Kota Bekasi.
pertama-tama yang perlukan disiapkan adalah KTP asli, BPKB asli dan STNK asli pula, jika kendaraan tersebut atas nama orang lain, si pengaju tinggal meminjam KTP pemilik kendaraan. Selanjutnya foto kopi semua berkas tersebut sebanyak 1 lembar saja, sertakan pula KTP asli dan STNK asli didalam berkas tersebut, sedang BPKB bias disimpan dalam tas atau dipegang terlebih dahulu dan jangan di taruh dirumah, sebab BPKB tersebut bakal terpakai ketika proses penyerahan berkas dibagian PENGECEKAN STNK TAHUNAN, di loket ini pengaju akan diminta untuk menunjukan BPKB asli tersebut.
Setelah berkas lengkap dan rapih, pengaju tinggal menuju ke samsat kota bekasi yang terletak di daerah Bulakapal, tidak jauh dari BTC. Sampai di sana pemohon akan diberikan atau jika berkenan meminta lembar permohonan pengajuan perpanjang STNK, setelah formulir itu didapat, isi bagian kelengkapan kendaraan motor di surat tersebut.
Setelah selesai pengaju tinggal menyerahkan ke loket pengecekan berkas. Selanjutnya pengaju akan dipersilahkan untuk menunggu sejenak, kurang dari 15 menit pengaju akan dipanggil namanya dengan pengeras suara yang sudah disiapkan.
Setelah itu pengaju mengambil berkas yang sudah melewati masa pemeriksaan di loket tahapan pertama, selanjutnya pengaju akan dimminta untuk memberikan berkas tersebut ke loket PEMERIKSAAN BERKAS STNK TAHUNAN, di sini ada loket PEMERIKSAAN STNK 5 TAHUN , kalau yang 5 tahun untuk pengajuan pembuatan plat nomor kendaraan baru dan perpanjangan pajak, karena saya mengajak untuk proses perpanjangan pajak tahunan, jadi berkas itu di berikan ke PENGECEKAN STNK TAHUNAN. Di taha p ini pengaju akan diminta untuk menunjukan BPKB asli oleh petugas, setelah menunjukan BPKB asli dan petugas memeriksa berkas tersebut, pengaju akan diberikan kertas yang sudah terisi beberapa digit nomer.
Selanjutnya sampai berkas tidak akan diberikan lagi, tapi hanya diberikan selembar kertas dan diminta menunggu di loket KASIR, di loket ini ada 2 loket yang melayani pembayaran biyaya perpanjangan pajak tahunan tersebut, di sini pula proses mulai sedikit tersendak lama, pengaju diminta untuk bersabar , proses menunggu untuk dipanggil di loket KASIR hampir memakan waktu 30-50 menit, bergantung dari banyaknya pengaju. Setelah pengaju dianggil loket KASIR, siapkan uang untuk membayar biyaya perpanjangan tersebut.
Setelah membayar pengaju akan diminta untuk menunggu di loket PENYERAHAN STNK , di loket ini sedikit memakan waktu lama, namun waktu lama menunggu itu lebih cepat dibanding menunggu di loket KASIR. Setelah dipanggil oleh petugas di loket ini, pengaju diminta untuk memeriksa data di dalam STNK tersebut, jika terjadi kesalahan, pengaju bisa meminta perbaikan, namun jika tidak, bisa langsung pulang ke rumah..
mudah bukan..
semoga bermanfaat
Sudah dilihat 52 kali

Komentar