Mengenal Sejarah Karo di Museum Pusaka Karo

30 January 2019, 5:08
0 1 266
Gambar untuk Mengenal Sejarah Karo di Museum Pusaka Karo
Museum pusaka karo adalah kumpulan dari beberapa koleksi benda-benda pada zaman dahulu milik puluhan warga yang dipinjamkan kepada museum untuk dipajang atau dipamerkan. Salah satu benda tersebut yakni Padung-Padung (Anting-anting perempuan Karo pada zaman dulu yang beratnya mencapai satu hingga satu setengah kilogram) dan Pustaka Lak-Lak (kitab aksara Karo yang ditulis di kulit kayu. Biasa digunakan Guru Si Baso/dukun dalam ritual pengobatan) dan menjadi koleksi tertua Museum Pusaka Karo yang diperkirakan usianya lebih dari 200 tahun.

Museum pusaka karo berada di tengah Kota Berastagi. Museum pusaka karo berdiri sejak tahun 2010 dan didirikan oleh Pastor Leo Joosten Ginting.

Parawisatawan, yang berkunjung baik dari dalam maupun luar negeri belum mengenal lebih dalam tentang adat istiadat dan budaya karo, sehingga masyarakat karo bekerjasama dengan Pemerintahan Daerah untuk mensosialisasikan museum pusaka karo.

  1 Komentar untuk Mengenal Sejarah Karo di Museum Pusaka Karo

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Tenang Tarigan

Semoga masyarakat Karo selalu peduli untuk melestarikan budaya barang barang peninggalan yg bersejarah sebagai aset Daerah....