Mengenal Lebih Jauh SPI Deli Serdang

29 January 2019, 17:53 WIB
3 0 92
Gambar untuk Mengenal Lebih Jauh SPI Deli Serdang
Serikat Perempuan Independen (SPI) Deli Serdang adalah salah satu serikat anggota HAPSARI yang berada di kabupaten Deli Serdang, yang beralamat di Jl Thamrin No 53A Lubuk Pakam.
Program Utama SPI Deli Serdang saat ini adalah : Penguatan Kepemimpinan Perempuan untuk Pengentasan Kemiskinan. Program ini dijabarkan melalui beberapa kegiatan, yaitu Pendidikan Kepemimpinan,Pengembangan Unit Usaha Ekonomi, Kampanye dan Penguatan Jaringan.

Saat ini SPI Deli Serdang bekerja di enam Kecamatan yaitu Kecamatan Pantai Labu, Beringin, Lubuk Pakam, Patumbak, Galang dan Pagar Merbau. Jumlah anggota sekitar 225 orang perempuan.

Kegiatan yang dilakukan adalah pertemuan rutin bulanan membahas materi tentang Gender, sosialisasi Pencegahan Kekerasan dalam Rumah Tangga (PKDRT), selain itu pertemuan bulanan ini juga merupakan wadah untuk bertukar pengalaman yang dialami perempuan baik dilingkup keluarga maupun desa. Untuk peningkatan keterampilan para anggota SPI diberi pelatihan membuat piring lidi dan daur ulang sampah plastik.

Dari proses tersebut (pertemuan dan peningkatan kapasitas) SPI menghasilkan 10 orang kader yang mempunyai kemampuan :
1. Menjadi fasilitator
2. Menjadi pendamping korban Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak.
3. Menjadi Kader Desa (Kader Posyandu, Kader KB, dll)
4. Advokasi Peraturan Desa (Perdes)

Dan prestasi yang cukup membanggakan adalah anggota SPI sudah diikutsertakan dalam Musrenbang desa dan usulannya berupa Sosialisasi tentang PKDRT dan Pelatihan untuk Penanganan Kasus Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak diterima oleh Pemerintah Desa Denai Kuala, Kec. Pantai Labu.

  Komentar untuk Mengenal Lebih Jauh SPI Deli Serdang

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!