Mengenal Kopi Lokal Khas Bogor di Bogorfest 2019

6 April 2019, 6:46
0 0 45
Gambar untuk Mengenal Kopi Lokal Khas Bogor di Bogorfest 2019
Oleh : Husnul Khatimah

CIBINONG, AYOBOGOR.COM -- Kopi lokal Bogor terus didorong agar semakin mendapatkan tempat di kalangan penikmat kopi. Salah satu upaya yang digalakkan untuk memperkenalkan kopi khas Bogor ini adalah dengan melalui Festival Kopi.

Festival kopi hadir di Bogorfest 2019 yang berlangsung pada 4 hingga 7 April di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Dalam festival ini berbagai jenis kopi khas Bogor dihadirkan, di antaranya adalah kopi robusta khas Bogor, Ki Demang Kopi khas Sukamakmur, Kopi Arca, Kopi Catang Malang, Kopi Lendong, Kopi Loji, Kopi Gunung Wangun Dua, dan kopi-kopi khas lainnya.

Di festival kopi Bogor ini pengunjung bisa melihat secara langsung bagaimana proses seorang barista meracik secangkir kopi. Kemudian bentuk-bentuk biji kopi yang ada di Kabupaten Bogor juga menjadi suguhan yang menarik untuk diketahui.

Selain menghadirkan gerai kopi berbayar, festival ini juga menghadirkan 10.000 cup kopi gratis bagi pengunjung. Di gerai ini semua orang bisa merasakan nikmatnya ragam kopi-kopi yang ada di Bogor.

Ketua kelompok tani Gunung Batu yang juga merupakan anggota paguyuban petani kopi Bogor, Andika Andista mengatakan festival kopi Bogor adalah etalase bagi mereka untuk mengenalkan potensi kopi khas Bogor.

"Ini salah satu bagian etalase kita mengenalkan kopi Bogor ke kalayak umum, ini bukan hanya orang kabupaten Bogor yang datang tapi juga dari luar dan mereka di satu tempat bisa kenal semua kopi Bogor itu," ujar Andika, Jumat (5/4/2019).

Dia mengatakan upaya mengenalkan kopi Bogor oleh paguyuban petani kopi Bogor melalui festival sudah dilakukan sejak 2016 bersama-sama dengan pemerintah Kabupaten Bogor.

"Kita kampanye mengenalkan kopi Bogor bersama kawan-kawan supaya lebih banyak dikenal secara umum karena kalau kita gak pernah hadir orang gak tahu tapi alhamdulillah tanggapannya selalu positif. Dengan dinas kita dibikin paguyuban kopi petani bogor, kita bikin festival pertamakali 2016 itu tujuan biar orang Bogor tahu bahwa kopi bogor enak," katanya.

Dia menuturkan kopi Bogor seperti robusta memiliki keunikan tersendiri yang tak bisa ditemukan pada kopi lainnya. Menurutnya jika kopi robusta kebanyakan dikenal memiliki citra rasa yang pahit maka kopi robusta khas Bogor memiliki rasa fruty dan karamel.

"Jadi kopi bogor sudah memiliki ciri khas khusus kalau orang kenal robusta itu identiknya kopi robusta pahit kalau kopi Bogor ada rasa fruty dan ada rasa karamelnya yang gak bisa ditemui di robusta lainnya. Kemaren kita ikut festival kopi di Amsterdam itu respon orang disana kaget, mereka kaget ternyata kopi robusta itu bukan hanya pahit seperti yang mereka kenal selama ini," katanya.

Dia menambahkan rasa khas kopi Bogor inilah yang diharapkan terus dikenal banyak orang agar semakin digemari dan dicintai para penikmat kopi.

"Paling tidak oleh banyak masyarakat Bogor dulu, sama seperti kopi Aceh kenapa kopi Aceh terkenal itu karena masyarakat Aceh suka kopi Aceh jadi kopi Bogor juga harus dicintai oleh banyak masyarakatnya agar juga dikenal dikalangan lebih luas lagi," katanya.

  Komentar untuk Mengenal Kopi Lokal Khas Bogor di Bogorfest 2019

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!