Mengenal Jenis Puting Susu: Atmaguys yang Mana?

53741 medium post 59970 a0b4ddc6 7bf4 45ca 8a3a 4daf71f3553c 2019 03 15t12 32 13.090 07 00
Setiap wanita dilahirkan dengan jenis puting susu dan payudara yang berbeda. Seperti yang Atmaguys ketahui, perbedaan payudara ini berbeda-beda, tergantung pada persentase lemak tubuh, cara pendistribusian lemak tubuh, serta elastisitas kulit dan otot-otot yang dimiliki setiap wanita. Namun, yang sering kali menyebabkan kehebohan adalah bahwa puting susu memiliki delapan jenis yang berbeda. Sebelum kita mulai menjelaskan jenis-jenis puting susu, ada beberapa hal yang perlu Atmaguys pahami terlebih dahulu:

Kedelapan jenis puting susu ini adalah normal. Tidak ada satu jenis yang lebih unggul dibandingkan dengan yang lain.

Atmaguys dapat memiliki kombinasi karakteristik yang berbeda dalam satu puting. Ini berarti bahwa puting Atmaguys bisa memiliki beberapa jenis campuran dari delapan jenis puting.

Jika dalam proses mengamati puting, Atmaguys melihat sesuatu keluar dari puting susu, mengalami perubahan warna dan bentuk, atau perdarahan, maka kalian harus mencari pertolongan medis segera. Karena cairan tersebut bisa merupakan hasil dari kista atau kanker payudara.

Jenis-jenis puting susu

1. Masuk ke dalam (inverted nipple)


Terkadang, puting susu akan masuk ke dalam payudara, alias inverted nipple, karena sejumlah alasan. Penyebabnya bisa dari genetik, jaringan parut, atau menyusui. Tidak ada yang salah dengan puting terbalik, karena puting akan menonjol atau keluar ketika dirangsang.

Sebaliknya, bila Atmaguys terlahir dengan kondisi puting susu yang timbul keluar tapi sekarang terlihat berubah masuk ke dalam, terutama jika hal ini hanya terjadi di salah satu payudara, Atmaguys disarankan untuk memeriksakan kondisi ini pada dokter untuk diketahui apakah ada masalah kesehatan atau tidak.


2. Datar


Lihatlah lingkaran di sekitar puting Atmaguys. Jika puting memiliki bagian atas yang datar, dan terlihat samar dengan bagian lingkaran puting, maka ia dianggap sebagai puting datar. Karena puting merupakan bagian sensitif pada payudara, maka puting yang datar akan menonjol ketika terangsang. Namun, ia akan kembali ke bentuk aslinya ketika rangsangan hilang.

3. Menonjol


Puting ini secara alami menonjol di atas lingkaran puting. Puting cenderung menunjukkan arah ke luar, dapat mengeras dan bahkan bisa lebih menonjol dan lebih jelas. Hal ini dapat menyebabkan wanita merasakan sakit, karena puting rentan untuk bergesekkan dengan pakaian, sehingga menyebabkan ruam. Menjaga area payudara dan puting dengan bra yang baik dapat melindungi kulit halus puting dan sekaligus mendukung berat payudara,

4. Segitiga

Puting ini berbentuk segitiga yang cenderung menonjol keluar dan memiliki ujung yang dapat mengeras ketika dirangsang. Stimulus bisa dari apa saja, termasuk suhu kamar, kebasahan, pakaian tertentu, stimulasi seksual, dan peningkatan aliran darah pada umumnya.  

5. Bergelombang

Kelenjar Montgomery terletak di daerah lingkaran puting. Tugas kelenjar ini adalah untuk menghasilkan pelumas dalam bentuk ringan, yaitu substansi berminyak yang dapat melindungi kulit sensitif di lingkaran puting. Terkadang, kelenjar dapat membengkak dan membuat lingkaran puting terlihat bergelombang.

Bedakan kondisi tersebut dengan puting dan areola yang menjadi tegak dan bergelombang saat sedang terasa dingin, sedang disentuh, serta selama masa kehamilan yang disebabkan oleh areola sedang mempersiapkan proses menyusui. Ini bukan kondisi yang berbahaya dan banyak wanita mengalaminya. 

Tanda lainnya yang bisa membantu Atmaguys mengetahui perubahan puting payudara, yaitu ketika Atmaguys menemukan adanya benjolan yang tidak biasa di area sekitar puting dan areola. Kondisi ini tidak terlalu parah bila disebabkan oleh papiloma intraduktal, saluran susu yang tersumbat, maupun infeksi yang masih mudah diobati. Tapi mungkin juga disebabkan oleh kanker payudara non-invasif atau karsinoma duktal in situ.

6. Puting berlebih

Ini pada dasarnya adalah sebuah puting ekstrayang terjadi secara genetik. Puting yang lebih ini bisa muncul sebagai lingkaran puting datar yang berada di bawah atau di dekat puting yang aktif, dan biasanya puting ekstra ini hanya ada satu.

7. Berbulu

Setiap orang memiliki folikel rambut di daerah lingkaran puting. Seperti yang banyak terjadi, beberapa orang yang berbulu lebat akan memiliki bulu di bagian-bagian tertentu pada tubuh. Memiliki rambut di lingkaran puting dapat berbahaya bagi beberapa orang, namun ada solusi cepat yang dapat menghilangkan mereka, yaitu dengan mencabutnya. Jika folikel rambut ini menjadi menyakitkan, terus tumbuh, atau gatal dan bersisik, periksalah ke dokter Anda. Ini bisa menjadi tanda infeksi atau kanker.

8. Sebagian masuk ke dalam

DI atas telah dijelaskan mengenai puting yang terbalik atau masuk ke dalam. Namun, ada kalanya hanya satu dari kedua puting yang terbalik. Ini juga merupakan predisposisi genetik dan termasuk ke dalam hal yang normal.

Karena puting susu merupakan “aset” penting seorang wanita.  Apabila Atmaguys menyadari adanya perubahan puting payudara yang tidak biasa, maka Kamu wajib waspada akan adanya masalah kesehatan. 

Penting untuk Atmaguys waspadai, jika kondisi seperti nyeri, perubahan warna atau tekstur puting, perubahan ukuran payudara terjadi di luar kehamilan, seperti adanya penebalan kulit, pembengkakan, ataupun peradangan pada puting dan areola. Terlebih bila hal ini terjadi hanya di salah satu sisi payudara. Jangan anggap remeh kondisi ini, dan sebaiknya segera periksakan pada dokter terpercaya ya Atmaguys.



Sumber :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/6-perubahan-puting-payudara/

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/berbagai-jenis-puting-susu/

https://www.halodoc.com/inilah-4-ciri-payudara-sehat

https://www.alodokter.com/memahami-dan-menjaga-payudara-normal-dari-risiko-kanker

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/ciri-puting-payudara-normal-dan-abnoemal/

Sudah dilihat 35 kali

Komentar