MENGENAL CABE UNGU

27579 medium post 36780 8a8767f7 4693 4eb9 b500 0254b5a02938 2018 07 04t11 50 55.823 07 00 27580 medium post 36780 658c4867 6633 4364 a2b2 ae564fdc3e7d 2018 07 04t11 51 02.000 07 00
Hari ini saya akan sedikit berbagi tentang cabe yang tidak asing lagi di kalangan keluarga steemit, tidak lain itu cabai Jepang yang bentuk nya kecil dan berwarna warni cabai ini dikenal dengan tanaman hias dan bisa juga di gunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Cabe ungu atau disebut juga dengan cabe Jepang. Cabe ungu tidak banyak dikenal ataupun tumbuh di Indonesia. Cabe ungu ini berbentuk seperti cabe rawit pada umumnya namun yang membedakan adalah warnanya yaitu ungu. Jika pada umumnya cabe memiliki warna hijau, kuning, dan merah, cabe yang satu ini memiliki warna ungu. Bagi pecinta tanaman hidroponik dan budidaya tanaman mungkin tidak asing dengan cabe ungu ini. Namun untuk konsumen umum masih jarang yang mengetahuinya.

Cabe ungu memiliki fungsi yang sama seperti cabe lainnya yaitu bisa digunakan sebagai sayuran, bumbu, dan penyedap makanan lainnya. Warna ungu pada cabe ini dikarenakan kandungan antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan yang cukup besar. Kandungan ini dan juga kandungan lainnya pada cabe ungu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, antara lain :

Mencegah aterosklerosis

Cabe ungu memiliki kandungan zat capsaicin yang berfungsi untuk mengurangi kadar lemak dalam darah sehingga mengurangi sumbatan lemak yang menumpuk dalam pembuluh darah. Penumpukan lemak pada pembuluh darah atau aterosklerosis berpotensi menyumbat aliran darah pada tubuh Anda yang akan menyebabkan stroke. Konsumsi cabe ungu ini secara rutin, dapat mengurangi resiko terjadinya strok akibat aterosklerosis.

Menyembuhkan luka

Cabe ungu juga memiliki kandungan vitamin C dan betakarotin yang tidak kalah dengan jenis cabe lainnya dan juga buah buahan seperti jeruk, pepaya, semangka, mangga, dan lainnya. Vitamin C berfungsi juga dalam regenerasi sel untuk penyembuhan luka. Selain itu Anda juga bisa mengolah cabe ungu ini untuk penyembuhan luka terbuka. Caranya yaitu keringkan cabe ungu, lalu tumbuk sampai lembut menjadi bubuk. Taburkan bubuk cabe ungu tadi ke bagian luka yang terbuka. Meskipun cabe ini terasa pedas saat dimakan, namun cabe tersebut tidak akan memberikan rasa perih, justru rasa nyeri pada luka Anda akan semakin berkurang dan perdarahannya pun dapat berkurang. Luka menjadi lebih cepat sembuh dan kering.

Meningkatkan nafsu makan

Rasa pedas yang dimiliki cabe sebagai sensasi pada mulut saat mengkonsumsinya, membuat beberapa orang menjadi ketagihan. Sensasi pedas tersebutlah yang mampu meningkatkan nafsu makan seseorang sehingga asupan makanan pun menjadi lebih banyak karena perasaan nikmat yang dirasakan. Karena rasa nikmat tersebut membuat orang yang memakannya ingin tambah dan tambah lagi. Maka itu tidak jarang jika cabe digunakan sebagai pendamping makanan.

Menangkal radikal bebas dalam tubuh

Kandungan zat capsaicin pada cabe ungu berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan dalam tubuh berfungsi menyerap partikel partikel radikal bebas yang berasal dari udara yang dihirup, makanan junk food yang dimakan, dan partikel partikel kotor lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Antioksidan inilah yang berfungsi membersihkan tubuh Anda dari kotoran partikel yang masuk sehingga menjaga tubuh Anda tetap sehat.

Meningkatkan imunitas

Konsumsi cabe ungu ini juga dapat mempengaruhi sistem imunitas tubuh Anda dengan kandungan vitamin C dan aktioksidannya. Selain itu kandungan anti bakterialnya juga mampu mempertahankan kekebalan tubuh dari paparan patogen penyebab penyakit. Kekebalan tubuh atau imunitas yang meningkat membuat tubuh Anda lebih kebal terhadap penyakit atau infeksi.
Sudah dilihat 61 kali

Komentar