MENGENAL CABE HITAM

27585 medium post 36786 b3965fb7 6ed4 470b 8678 71d2e8b3fed3 2018 07 04t12 47 51.028 07 00
MENGENAL CABE HITAM

Cabai hitam atau Black Hungarian Pepper / Black Royal adalah satu jenis tanaman cabai yang mulai banyak ditanam oleh pada penggemar tanaman hias. Pada dasarnya cabai hitam yang memiliki nama ilmiah Capsicum annuum longum adalah satu satu jenis cabai rawit yang sering kita gunakan dalam masak-memasak di dapur kita. Namun perbedaan yang sangat mencolok adalah scoville heat units (SHU) yang adalah di antara 5,000 hingga 10,000. Tentunya jauh dari level kepedasan cabe rawit yang berwana orage atau cenderung ke merah terang yang sering kita temuka di pasar-pasar tradisional yakni 30,000 hingga 50,000 SHU. Bagi yang maniak pedas pastinya level kepedasan itu tidak begitu menantang. Dengan kata lain, kepedasannya tidak semengerikan warna yang dihasilkannya.

Lalu mengapa menanam tanaman ini di Indonesia?

Black Hungarian Pepper/ Black Royal di Indoensia banyak dikenal sebagai salah saatu tanaman hias. Ciri khas dari tanaman ini adalah bunga yang dihasilkannya berwana ungu atau warna yang sering dominan kita lihat pada tanaman jenis anggrek atau lavender. Tanaman yang mengashilkan wana ungu adalah satu primadono tanaman hias di Indonesia bahkan di beberapa negara.

Cabe hitam masuk pada golongan tanaman Heirloom Open-Pollination atau tanaman yang melakukan enyerbukan di luar wilayah tanamnya. Jenis tanaman ini membutuhka bantuan angin, serangga, atau burung untuk melakukan penyerbukaan. Tanaman jenis ini sangat cocok ditanam di tempat dengan temperatur hangat hingga panas seperti Indonesia (tropical zone).

Selain itu arti Heirloom dalam kata di atas adalah salah satu jenis tanaman hias yang menambah warna-warni di rumah anda atau kebun anda. Apalagi jenis tanaman ini adalah jenis tanaman keras yang mudah beradaptasi di kondisi apa pun.
Sudah dilihat 21 kali

Komentar