Mengenal 5 Warna Darah yang Keluar Saat Menstruasi

27921 medium 3904880571
Umumnya, setiap bulan perempuan mengalami siklus menstruasi selama 4-7 hari. Namun, tak banyak yang memerhatikan apakan mestruasi yang dialami itu normal, atau malah menunjukkan kondisi kesehatan tertentu.
ah, ternyata kesehatan tubuh dapat diketahui melalui warna darah kala siklus haid. Berikut penjelasannya,

1. Pink
Darah berwarna merah muda biasanya terjadi pada hari ketiga atau keempat siklus haid, dan itu normal adanya. Namun, jika terjadi lebih awal dari jadwal siklus yang seharusnya besar kemungkinan sedang hamil. Selain itu, bisa juga menunjukkan adanya kelainan hormon pada organ reproduksi sehingga tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter kandungan.

2. Merah cerah
Darah berwarna merah cerah normal ditemui saat siklus haid, apalagi jika melakukan kegiatan yang menguras tenaga pada hari pertama dan kedua. Jadi, tidak perlu khawatir. Namun patut diwaspadai jika darah merah cerah ini tetap keluar selama seminggu atau lebih, bahkan selanjutnya berganti menjadi merah muda dengan durasi waktu yang sama maka periksakan diri ke ahli kandungan ya.

3. Merah gelap
Darah berwarna merah gelap juga normal di tengah periode menstruasi. Tetapi jika volume darah sangat banyak dan warnanya tak berganti selama beberapa hari ada baiknya Moms memeriksakan diri ke dokter, karena bisa mengindikasikan adanya tumor dalam saluran organ reproduksi.

4. Merah dan Oranye
Jika saat menstruasi terdapat warna darah merah bercampur oranye, sebaiknya diwaspadai. Warna darah seperti ini tidak pernah ditemui dalam siklus menstruasi normal. Warna darah merah dan oranya adalah campuran darah menstruasi dan cairan infeksi leher rahim. Jadi, periksakan diri ke dokter.

5. Cokelat kegelapan
Biasanya, warna darah cokelat gelap menunjukkan darah tersebut sudah lama tertahan di saluran kemih dan akan keluar saat pagi hari. Walaupun terlihat sangat gelap dan kotor, namun warna darah seperti ini normal. Kecuali jika terdapat campuran warna kuning, menandakan adanya infeksi dalam organ reproduksi .

sumber : http://nakita.grid.id
Sudah dilihat 190 kali

Komentar