Mengapa Ada Gempa Yang Mengakibatkan Tsunami Dan Ada Yang Tidak

20769 medium mengapa ada gempa yang mengakibatkan tsunami dan ada yang tidak2

Rabu (24/1/2018) siang, gempa kembali terjadi di dua lokasi berbeda di Indonesia, yakni di Lebak Banten dan Kabupaten Simeulue, Aceh.


Kedua gempa tersebut dikategorikan sebagai gempa tektonik karena diakibatkan adanya pergerakan lempeng bumi. Masing-masing memiliki epicenter atau pusat gempa di tengah laut, akan tetapi BMKG menegaskan bahwa kedua gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.


Jadi gempa seperti apa yang dapat menimbulkan gelombang tsunami? Dihimpun dari Tsunami Information Centre, AS, gempa yang dapat menimbulkan tsunami adalah gempa berkekuatan besar (melebihi 7.5 skala Richter), memiliki titik kedalaman yang dangkal, yakni kurang dari 70 km, dan pusat gempa atau lempeng tektonik berada di permukaan dasar laut.


BMKG dan BPBD umumnya mempublikasikan informasi yang terperinci berikut juga dengan potensi tsunami dari gempa tersebut. Warga diharapkan mencari sumber informasi dari sumber-sumber yang terpercaya, dan dimohon untuk tidak menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya.


Mari berbagi tips dan informasi bermanfaat di AtmaGo.com! #AtmaGo #InfoWarga #WargaBantuWarga

Sumber foto: https://pemerhatibencana.wordpress.com/2008/08/19/tsunami-gelombang-yang-menghancurkan-pelabuhan/


Komentar