Mendorong Pentingnya Jurnalisme Warga dalam Mitigasi Bencana

16 November 2019, 20:28 WIB
5 2 83
Gambar untuk Mendorong Pentingnya Jurnalisme Warga dalam Mitigasi Bencana
Sukabumi - Peran Jurnalisme warga dalam upaya kesiapsiagaan bencana sangat berperan penting dalam memberikan informasi yang akurat, proporsional, dan bersifat edukatif dalam hal kaitanya pemberitaan pengurangan risiko bencana.

Jurnalisme kebencanaan diharapkan tampil dan dapat mendorong masyarakat untuk siap siaga sebelum terjadinya bencana.

Masyarakat harus mengerti apa saja yang harus disiapkan sebelum terjadi bencana dan apa saja yang perlu dilakukan manakala terjadi bencana. Karena pentingnya sosialisasi ini, maka jurnalisme kebencanaan dianggap vital bagi mitigasi bencana.

Seperti yang dilakukan oleh jajaran PMI Kota sukabumi dengan menggelar pelatihan jurnalisme warga yang merupakan rangkaian dalam acara Pelatihan Pelatih (TOT) dengan pemanpaatan aplikasi Atmago untuk mitigasi bencana di level masyarakat Sukabumi.

kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Program kesiapsiagaan gempa bumi yang dilaksanakan PMI Kota Sukabumi melalui dukungan PMI Pusat dan Palang Merah Amerika (Amcross) di wilayah kota Sukabumi saat ini.

"Saat ini PMI kota Sukabumi tengah menjalankan sebuah program kesiapsiagaan gempa bumi, dimana salahsatu tujuannya dengan menyebarluaskan informasi dan pengetahuan kepada masyararakat bagaimana upaya mitigasi bencana melalui berbagai saluran informasi," ujar Kepala Markas PMI Kota Sukabumi, Zaeni. Sabtu, (16/11).

Menurutnya, dalam pelaksanaan program ini peran aktip masyarakat dan para relawan sangat dibutuhkan terlebih keberadaan mereka sebagai aktor penting dalam upaya penyebarluasan informasi positif dalam kontek mitigasi melalui peran sebagai jurnalisme warga (Citizen Journalism).

Dengan pemberitaan positif ini dirinya berharap masyarakat sukabumi bisa melakukan upaya kesiapsiagaan baik dalam lingkup keluarga maupun di lingkungannya sehingga timbul kesadaran mandiri dan kewaspadaan saat ini tinggal di wilayah zona bencana yang suatu saat bisa saja terjadi.

  2 Komentar untuk Mendorong Pentingnya Jurnalisme Warga dalam Mitigasi Bencana

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar