Mendesak, Normalisasi Sungai di Subang

29696 medium 180807165435 mende
ANAK Sungai Cigadung dan Cipanggilingan di Subang yang bermuara di Situ Sukamelang di belakang terminal Subang sangat mendesak untuk dinormalisasi. Sebab kondisi situ yang sudah beberapa kali dinormalisasi termasuk dikerja bhaktikan, tetap tidak ada hasilnya. Situ penuh dengan sampah dan eceng gondok.

Ketua Lembaga Advokasi Masyarakat Subang (LAM-S), Drs.Yaya Sudarya usai mengikuti kerja bhakti masal penataan normalisasi Situ Sukamelang yang dihadiri Plt. Bupati Subang H. Ating Rusnatim, SE dan pejabat terkait lainnya, termasuk pegelola situ, perum Jasa Tirta Jatiluhur, Selasa (7/8/18) mengatakan, upaya yang gencar oleh Pemda, PJt dibantu warga sudah cukup bagus, namun harus kontinyu.

“Yang lebih penting adalah perbaikan atau normalisasi sungai-sungai yang mengarah ke situ itu sendiri pelu ditertibkan. Sebab, selain dangkal dan penyempitan karena banyak bangunan juga disayangkan jadi tempat pembuangan sampah, “kata Yaya dan mungkin saja untuk warga kotanya sudah sadar tetapi ada warga yang dari luar atau lingkungan pasar sengaja membuangnya ke sungai.

Selain harus dibuatkan sarisig atau penghalang di hulu sungai yang menuju bibir situ, juga dibuatkan regulasi dan pengelolaannya secara bersama-sama antara Pemkab.Subang dengan PJT. Kalau memang ke depannya situ tersebut kembali jadi embung sekaligus wisata air. “Kalau bisa ditempatkan petugas khusus di sana untuk memantau dan mengangkat sampah. Apalagi dari pihak dinas kebersihan sudah siap mengangkut dan menempatkan bak penampungannya, “pungkasnya.

Ketua RW 18 Kelurahan Sukamelang, Udin bersama jajarannya pun tampak turun ke bawah jembatan sungai karena penuh dengan tumpukan sampah. “Coba lihat, bagaimana bisa bersih Situ Sukamelang kalau dari sini saja sudah penuh sampah belum lagi nanti melewati pasar. Selain itu juga perlu dinormalisasi karena dangkal, “katanya.

Plt.Bupati Subang, H.Ating Sendiri menyambut baik dengan adanya gagasan kerja bakti massal penataan normalisasi Situ Sukamelang dalam rangkaian kegiatan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73. Namun hal ini perlu ditindak-lanjuti oleh dinas terkait. Baik program normalisasi sungainya termasuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama dalam pengelolaan sampah.

“Kita sepakat adanya normalisasi guna mengantisipasi musibah yang tidak diharapkan seperti banjir yang pernah terjadi karena luapan air sungai Cigadung dikala musim hujan. Termasuk dijadikannya situ itu menjadi pengembangan obyek wisata air karena secara tidak langsung akan meningkatkan tarap perekonomian warga, “ujarnya.

Kegiatan bhakti karya dipimpin Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Subang, H.Hidayat dihadiri unsur Forkopimda, Sekda Kab. Subang, Asda I, III, Para Kepala OPD Se-Kab. Subang, Camat Se-kab. Subang, Para Lurah, unsur TNI/ Polri, PJT Perum Jasa Tirta, Pimpinan BUMN/BUMD, para peserta Kerja Bakti Masal.

Dally Kardilan

Sudah dilihat 18 kali

Komentar