Mendekati Musim Mudik, Ruas Jalan di Lebak Diperbaiki

61851 medium l b
Guna memberikan kenyamanan kepada pemudik, Balai Besar Penanganan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah VI PJN Banten 1 melakukan perbaikan ruas jalan nasional Rangkasbitung-Cigelung, Kabupaten Lebak.

Sunarto, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3 PJN Bantren mengatakan, perbaikan tersebut dimulai dari ruas bundaran Mandala, By Pass Soekarno Hatta Cibadak, Rangkasbitung, hingga Cigelung tapal batas Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Pada Minggu, 19 Mei 2019. "Kalau tidak segera diperbaiki, khawatir membahayakan oara pemudik, kenapa perbaikan jalan ini kami lakukan. Tentunya untuk kenyamanan pemudik lebaran," katanya.

Menurutnya, saat ini kondisi ruas jalan nasional Rangkasbitung-Cigelung banyak yang berlubang. Mulai kawasan Narimbang, Desa Jati Mulya, Kecamatan Rangkasbitung, dari mulai lintasan rel kereta api hingga depan kampus Akbid Yatna Yuana dan depan pul bus PO Bulan Jaya, kondisinya memang rusak parah.

Kerusakan jalan negara itu lanjut Sunarto, selain disebabkan tingginya beban jalan, setiap hari jalan itu juga dilintasi puluhan armada truk pasir over tonase yang melintas tanpa kendali siang dan malam dengan membawa pasir dari galian C yang ada di Kecamatan Sajira menuju Serang dan Jakarta.

”Ttronton pengangkut pasir banyak melintas di Jalan Rangkasbitung-Cigelung, ironisnya bobot kendaraan tidak sesuai dengan kelas jalan. Sehingga kala menkadi cepat mengalami klertusakan,”terangnya.

Masih kata Sunarto, sebelum dilakukan perbaikan oleh rekanan, pihaknya juga telah melakukan penanganan sementara terhadap kerusakan jalan tersebut. ”Target kami, perbaikan ruas jalur mudik ini rampung H-7,” harapnya.

Menyikapi hal itu, Wakil Bupati Lebak H Ade Sumardi, saat disdambangi mengungkaplan, bahwa Pemkab Lebak mengafresiasi upaya tanggap dari pihak Balai Besar. Menurutnya, keselamatan para pemudik wajib untuk diperhatikan. Sehingga dalam menggunakan jalur jalan Rangkasbiotung Cihelung, merasa nyaman dan aman.

" Ya, kami sangat berte4rimakasih atas uoaya cepoat dari Balai besar, khsusya dalam menmperbaiki kerusakan pada infrastruktur jalan tersebut. Sebab bagaimanapun, leselamatan pemudik menjadi kewajiban kita untuk memperhatikannya, sehingga saat mereka melintasi jalan itu, bisa nyaman dan aman,." ujar Wabup.

Sudah dilihat 15 kali

Komentar