Menangkal Covid 19 Tampa Rasa Panik

6 April 2020, 11:50 WIB
3 2 183
Gambar untuk Menangkal Covid 19 Tampa Rasa Panik
Semakin merebaknya pandemi Covid 19, masyarakat menjadi semakin resah, gelisah tidak menentu. Bagaimana tidak masyarakat sendiri menyasikan di media televisi betapa wabah ini menyerang secara masiv dan sporadis dibuktikan dengan terus bertambahnya korban positif Covid 19 bahkan tingkat kematianpun semakin bertambah di berbagai negara di belahan dunia ini.

Situasipun diperparah oleh maraknya berita bohong (hoax) yang berseliweran setiap saat, entah apa tujuannya tapi yang jelas salah satu karakter kita adalah Senang Melihat Orang Susah dan Susah Melihat Orang Senang atau lebih populer disingkat (SMS). Terlebih ada sebagian masyarakat dengan terang-terangan memprovokasi masyarakat lain untuk tidak mengindahkan surat edaran atau peringatan resmi yang telah dikeluarkan baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Berbagai upaya yang telah dan sedang dilakukan pemerintah untuk melindungi rakyatnya dari Covid 19 diantaranya dengan program Social ditancing, physical distancing, Karantina Mandiri, sampai kepada penyemprotan di tempat-tempat layanan publik sampai kepada rumah-rumah warga. Disamping itu pula pemerintah mensosialisasi cara lain agar terbebas dari Covid 19 diantaranya dengan prilaku hidup bersih mulai dari memakai masker, cuci tangan setiap saat, mengatur sirkulasi udara dan pencahayaan yang memadai di ruangan-ruanga yang ada di rumah. Kemudian yang paling penting disarankan untuk berolah raga serta berjemur dibawah trik sinar matahari pada jam 09.00 s.d 10.00. Dengan cara ini bisa membunuh covid 19, karena menurut para ahli kedokteran virus ini bisa bertahan sampai suhu 27°C, artinya kalau sudah diatas suhu ini virus tersebut mati dengan sendirinya.

Hal penting lain untuk menangkal virus yang mematikan ini dengan cara menata hati biar kita merasa tenang. Jangan mudah terprovokasi dengan berita-berita yang tidak jelas sumbernya. Mari kita lebih selektif untuk memilih media atau sumber berita yang kita baca. Percayakan berita-berita resmi yang disampaikan pemerintah lewat media cetak dan TV Nasional yang jelas.

Mulai hari ini tidak perlu panik berlebihan karena COVID-19 bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Menurut WHO kebanyakan kasus infeksi virus tersebut hanya menyebabkan penyakit ringan. Kasus parah atau meninggal dialami kelompok orang tua atau individu dengan kondisi medis bawaan (seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung, atau diabetes). 

Sebuah studi terhadap 72 ribu pasien COVID-19 di China turut menyimpulkan dari keseluruhan kasus COVID-19, sebanyak 81 persen tergolong ringan. Lalu 13,8 persen lainnya masuk kategori parah dengan gejala gangguan pernapasan, dan 4,7 persen sisanya kritis. Angka kematian COVID-19 (2,3 persen) juga jauh lebih rendah dibanding SARS (10 persen) atau MERS (30-40 persen).

#wargalawancorona3

  2 Komentar untuk Menangkal Covid 19 Tampa Rasa Panik

Tulis komentarmu...

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  2. Situs Untuk Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Surabaya  |  21 May 2020
  3. #yukpedulitetangga

    Eriyana Putri Nuramdani  di  Citamiang, Sukabumi Kota  |  21 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

    Lalu Iskandar  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  2. 3
    Komentar

    Hargailah Para Pejuang Melawan Covid-19

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  3. 3
    Komentar

    Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  4. 2
    Komentar

    CORONA TIDAK MENJADI PENGHALANG RUTINITAS

    WAHYU NAN HANDA  di  Praya, Lombok Tengah  |  20 May 2020