Memperingati Hari TBC Sedunia - 24 Maret 2018

23052 medium memperingati hari tbc sedunia   24 maret 2018
Tahun 2017, WHO (Badan Kesehatan Dunia) melaporkan bahwa 10,4 juta orang terserang penyakit TBC (tuberkulosis). Dari 10,4 juta kasus TBC tersebut, terdapat sekitar 1,8 juta kasus kematian akibat TBC. Persentase kematian yang tinggi inilah yang menjadikan TBC sebagai penyakit menular mematikan paling bahaya di dunia.

Penyakit TBC lebih cepat menular di antara orang-orang yang hidup dalam kemiskinan, komunitas dan kelompok yang terpinggirkan, dan populasi rentan lainnya. Ini termasuk: migran, pengungsi, etnis minoritas, lansia, anak-anak, dan perempuan yang hidup di pinggiran, penambang dan orang yang bekerja dan hidup di lingkungan yang rentan risiko, dll.

Faktor-faktor seperti kekurangan gizi, perumahan dan sanitasi yang buruk, dan juga faktor-faktor risiko lain seperti merokok dan minum alkohol juga mempengaruhi kerentanan terhadap TBC dan akses terhadap layanan kesehatan.

Selain itu, akses layanan kesehatan juga sering terhambat oleh kurangnya biaya pengobatan, dan kurangnya perlindungan sosial. Hal ini mengakibatkan lingkaran setan kemiskinan dan kesehatan buruk.

Di hari TBC Sedunia, 24 Maret 2018, mari kita tingkatkan kesadaran masyarakat tentang dampak kesehatan, sosial dan ekonomi yang merusak dari TBC dan mari bersama-sama kita tingkatkan upaya untuk mengakhiri epidemi TBC global.

Punya info warga yang bermanfaat? Yuk posting di AtmaGo! #AtmaGo #InfoWarga #WargaBantuWarga #Evergreen

Sumber Foto: Elsevier
Sudah dilihat 70 kali

Komentar