Memanfaatkan Limbah Untuk Media Hidroponik

20813 medium img 20180125 164954470
AtmaGo Subang- Hari ini (25/1/2018) tim Gemaponik Subang memberikan pelatihan bagi pemula di Pondok Pesantren Raudhotul Irfan Kampung Ciherang Kecamatan Cijambe Subang. Walaupun dengan keterbatasan lahan serta anggaran, animo masyarakat untuk mempelajari dan menanam sayuran melalui media hidroponik cukup tinggi peminatnya.

Dimulai dengan cara membuat media tanam dengan bahan styrofoam bekas box buah-buahan, plastik meteran, kain panel dan bekas gelas mineral sebagai netpot untuk menyimpan sayuran dalam box styrofoam. Selanjutnya baru dikenalkan cara menyemai benih dengan menggunakan baki plastik dan sekam
bakar untuk tempat persemaian selama 5 hari untuk sayuran jenis kangkung, baru stelah lima hari benih yang sudah layak ditanam dipindahkan kedalam box styroam dengan diisi air baku ditambah nutrisi AB mix.

Barulah sekitar 17 hari setelah ditanam kangkung bisa dipetik hasilnya. Itulah gambaran umum bagi pemula yang akan memulai menanam melaui media hidroponik yang sederhana.

Kebetulan perwakilan AtmaGo Subang senantiasa hadir mendampingi tim gemaponik mentransformasikan ilmu bagi masyarakat yang berminat untuk menanam sayuran melalui media hidroponik.
Sudah dilihat 67 kali

Komentar