Memaknai Gotong Royong Bebersih Makam Jawa

23 February 2019, 17:30 WIB
5 0 117
Gambar untuk Memaknai Gotong Royong Bebersih Makam Jawa
Masyarakat pedesaan tidak pernah lepas dari kegiatan Gotong Royong dalam kehidupannya. Seperti yang terjadi pada sebagian masyarakat di Desa Kebonharjo Kecamatan Samigaluh.

Beberapa warganya melakukan kegiatan renovasi makam dan perbaikan lingkungan sekitar pemakaman. Dalam tradisi jawa ini disebut dengan Bebersih Kuburan. Karena sebentar lagi memasuki bulan Rajab tahun hijriyah. Beberapa masyarakat pada bulan itu akan mengirim doa dan tabur bunga sebagai bentuk menghormati kepada leluhur mereka. Ini dilakukan sebagai bentuk hubungan harmoni dan tradisi kehidupan mereka. Bukan untuk menyembah tetapi wujud peringatan kepada orang yang telah berjasa dalam hidupnya, yang telah meninggal dunia.

Kegiatan Bebersih ini dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat secara bersama-sama atau secara gotong royong. Tidak memandang latar belakang apapun. Mereka berbaur satu dengan yang lain dalam satu tujuan yaitu menumbuhkan jiwa dan semangat gotong royong. Semangat membangun sebuah tradisi dan budaya dalam wujud menghargai pendahulu dan nenek moyang mereka. Kegiatan mereka meliputi membuat atau menambahkan area baru tempat pemakaman disekitar makam, membersihkan sekitar batu nisan, ranting pepohonan, saluran air dan lingkungan sekitar yang menjadi tempat area pemakaman keluarga mereka masing-masing yang telah meninggal dunia.

Terlebih pada tahun 2020 mendatang pemerintah Desa Kebonharjo akan mulai mengatur secara administrasi tata kelola kawasan makam agar menjadi baik dan tertib. Hal ini yang mendorong mereka kembali bergotong royong menata kembali kawasan pemakaman agar dalam masa yang akan datang jika ada saudara,orang tua, neneknya yang dikubur dapat lebih mudah diketahui keberadaan lokasi kuburanya oleh ahli warisnya. Dan ketersediaan lahan makam baru agar kedepan bisa mudah mencukupi penghuni makam baru.

#desakebonharjo

  Komentar untuk Memaknai Gotong Royong Bebersih Makam Jawa

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!