Memahami Lebih Dalam Tentang Suku Baduy Dalam

27535 medium baduy2
http://kilikili-adventure.com/intermezzo/story/mengenal-lebih-jauh-tentang-suku-pedalaman-baduy-dalam

Memahami Lebih Dalam tentang Suku Baduy Dalam - Suku Baduy merupakan kelompok masyarakat adat Suku Banten yang tinggal di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Terdapat 2 wilayah Suku Baduy yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam, dimana Baduy Dalam merupakan wilayah yang tak tersentuh sama sekali oleh dunia luar tapi masih mengikuti sistem pemerintah. Berbeda dengan Baduy Dalam, kehidupan SukuBaduy Luar sudah terpengaruh oleh polah hidup masyarakat modern. Berikut ini beberapa Info agar Memahami Lebih Dalam tentang Suku Baduy Dalam :

1. Orang Baduy merupakan kelompok masyarakat adat suku banten yang tinggal di wilayah Kanekes,kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten dan memiliki populasi sekitar 26.000 jiwa.

2. Sebutan "Baduy" merupakan sebutan yang diberikan oleh penduduk luar kepada kelompok masyarakat tersebut. Sedangkan Mereka sendiri lebih suka menyebut diri sebagai urang Kanekes atau "orang Kanekes" sesuai dengan nama wilayah mereka.

3. Orang-orang Baduy dalam masih menjunjung tinggi budaya dan adat istiadat warisan nenek moyang serta menjalankan pertatura-peraturan adat mereka dengan sebaik mungkin.

4. Berpegang teguh pada adat istiadat dan peraturan yang ketat, membuat masyarakat SukuBaduy Dalam seperti mengasingkan dan terisolasi dari dunia luar.

5. Masyarakat Suku Baduy Dalam tidak mengenal sekolah. Hal ini di karenakan Masyarakat Suku Baduy Dalam menolak usulah pemerintah untuk membangun fasilitas sekolah di desa-desa mereka.

6. Bahasa yang digunakan Suku Baduy, baik Baduy Dalam maupun Baduy Luar adalah Bahasa Sunda. Meskipun tidak tersentuh pendidikan serta tidak mengenal membaca dan mengenal membaca dan menulis, masyarakat BaduyDalam lancar menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan dunia luar.

7. Sangat tertutupnya Suku Baduy Dalam pada dunia luar membuat kehidupan masyarakatnya pun tidak tersentuh teknologi. Seperti tidak adanya listrik, transportasi, dan barang-barang elektronik.

8. Agama yang dianut oleh Masyarakat Baduy Dalam adalah ajaran SundaWiwitan, yaitu ajaran leluhur turun temurun yang berakar pada penghormatan kepada karuhun atau arwah leluhur dan pemujaan kepada roh kekuatan alam (animisme).

9. Masyarakat Baduy Dalam mengenal dua sistem pemerintahan, yaitu sistem nasional, yang mengikuti aturan negara Indonesia, dan sistem adat yang mengikuti adat istiadat yang dipercaya masyarakat. Kedua sistem tersebut digabung atau diakulturasikan sedemikian rupa sehingga tidak terjadi benturan

10. Mata pencaharian utama masyarakat SukuBaduy adalah bertani padi huma. Selain itu mereka juga mendapatkan penghasilan tambahan dari menjual buah-buahan yang mereka dapatkan di hutan seperti durian dan asam keranji, serta madu hutan.

Demikian Memahami Lebih Dalam Tentang Suku Baduy Dalam. Sebuah suku yang masih menjalan aturan-aturan adat yang sangat ketat agar tetap terjaganya kelestarian wilayahnya. KlikInfo Jadwal Open Trip Baduy Dalam untuk berlibur dan merasakan bagaimana kehidupan Suku Pedalaman Baduy Dalam.
Sudah dilihat 48 kali

Komentar