Melihat Penghasilan pajak kendaraan bermotor Kota Bekasi terbesar ke-2, Disdik mulai hitung anggaran untuk ajukan sekolah Gratis

33931 medium images %2825%29
Melihat penghasilan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Kota Bekasi terbesar kedua untuk Jawa Barat hingga 70%. Disdik, melalui Wali Kota Bekasi meminta kepada gubernur agar memberikan 20% penghasilan tersebut untuk pembiayaan sekolah gratis di tingkat SMA/SMK.
Bukan hany itu saja, lebih dekat dengan sekolah gratis, rupa-rupanya itu juga masuk ke dalam program Kota Bekasi yakni wajib belajar 12 tahun.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzie, mengatakan jika Dinas Pendidikan Kota Bekasi sendiri sudah mulai menghitung besaran pengeluaran yang nantinya akan dibayar oleh Pemkot Bekasi ke Sekolah SMA/SMK Negeri lantaran siswanya tidak dibebani biyaya (Gratis)
“Kita sudah mulai rapat-rapat untuk membahas dan menghitung seluruh pembiayaan operasional SMA Negeri di tiap-tiap sekolah. Pokoknya kaitan dengan pembiayaan yang berhubungan langsung dengan masyarakat,” ujarnya Rabu (26/9/2018).
Diketahui jika 2013-2016 pembiyayaan dikendalikan oleh Dinas Pendidikan setempat, saat itu sudah mencapai 11,5 tahun atau setara dengan kelas 11 SMA/SMK. pada 2017 kewenangannya diambilalih oleh Pemprov Jabar, para siswa kembali dibebankan biaya sekolah
Dia menilai, Pemprov Jabar perlu mengabulkan permintaan ini. Terlebih penghasilan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Kota Bekasi terbesar kedua untuk Jawa Barat hingga 70%.
“Kita hanya minta agar pembiayaan operasionalnya disubsidi. Kita tidak bicara soal pengambilalihan wewenang,” katanya.
Wali Kota Bekasi, Pak Rahmat Effendi, sempat meminta kepada Disdik Kota Bekasi, agar pengerjaan penghitungan jumlah pembiyayaan selesai pekan ini.
“Kepala Dinas Pendidikan, saya minta agar minggu ini (laporan) supaya sudah bisa diterima oleh Gubernur. Berapa kebutuhan SMA, SMK Negeri buat subsidi biar rakyat kita tidak bayar SPP lagi. Sama seperti waktu (kewenangan) dipegang Kota Bekasi,” ucapnya.

Selelengkapnya:
http://m.ayobekasi.net/read/20180926/122/1691/disdik-bekasi-mulai-hitung-pembiayaan-sekolah-gratis-12-tahun
Sudah dilihat 51 kali

Komentar