Melancong, berkemah dan peduli lingkungan di DAS Garang

22478 medium img 8581
Sejak sore, malam hingga pagi di awal bulan Maret yang basah ini, saya bersama Blogger yang mencoba mempopulerkan diri sebagai Blogger Desa Wisata (blogger deswita) seru-seruan Kemah Ceria di Wana Wisata Semirang bersama @mercycorps - selain kemah ceria, kegiatan ini penuh muatan yang mengangkat isu lingkungan.

Kemah bareng blogger bukan yang pertama bagi saya, sudah beberapa kali mengikuti kemah ceria ala blogger dengan tetap memiliki muatan konten sebagai ciri khas blogger. Sebut saja misal BloggerCamp 2 tahun lalu di Bogor - Jawa Barat, serta Juguran Blogger Indonesia di Banyumas 1 tahun yang lalu. Dari ketiga acara bloggercamp ini yang paling mirip adalah kebutuhan akan listrik dan signal internet, yah dasarnya blogger kan mau kemping atau di hotel gak masalah selama bisa tetep eksis di dunia maya.

DAS Garang sendiri sebagai lokasi Kemah Ceria kami, merupakan objek yang dijadikan tema besar isu lingkungan di acara ini,yang mana kali Garang merupakan sumber air yang penting bagi wilayah kab dan kota semarang yg mengalir dari Gunung Unggaran.

Tak salah memang panitia mengambil lokasi di kawasan wana wisata Curug Semirang di wilayah Unggaran Barat ini. Menurut Web Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Semarang menyatakan bahwa Unggaran Barat, Hulu DAS Garang merupakan wilayah penyangga kota Semarang baik dalam hal daya dukung maupun daya tampung lingkungan. Daya dukung berarti kemampuan lingkungan mendukung pertumbuhan kehidupan yang berlangsung di atasnya dan daya tampung berarti kemampuan lingkungan menyerap limbah dan akibat yang dihasilkan dari kehidupan yang ada di atasnya. Sebagai wilayah penyangga, wilayah Ungaran Barat senantiasa loyal dalam memberikan jasa lingkungan berupa manfaat langsung maupun tidak langsung dalam hal perlindungan tata air (hidrologi), kesuburam tanah, pengendalian erosi dan banjir, keindahan dan keunikan alam serta penyerapan dan penyimpanan karbon.
Sudah dilihat 64 kali

Komentar