Mbladush yang Mendatangkan Rupiah

6 September 2019, 06:01 WIB
2 0 269
Gambar untuk Mbladush yang Mendatangkan Rupiah
☘ Saat kami mengikuti pameran di Surabaya, Bandung dan Bali ada peristiwa unik yang mengesankan hingga saat ini, ga mungkin dilupakan.

Karya kami yang terlanjur di cap gagal, dan menjadi taplak di meja booth justru laku dibeli oleh turis mancanegara. Ga salah nih, seleranya aneh banget, komentar temen-temen saat itu di Bandung. Bahkan belum 5 hari dari waktu pameran, 3 hari kami sudah minim stok. Piye iki Bro?

Hal ini pun terjadi di Bali dan Surabaya, kebetulan area pameran memang ada di Mall yang sering dikunjungi para turis luar negeri.

Hal ini terjawab saat kami mengenal Bu Ana Avianti yang sudah melanglang buana ke Hongkong, Korsel, dan Eropa.

Bu Ana berkisah kalau setiap bikin ecoprint tak pernah beraturan dan selalu mbladush, jadi ngga PD bangettttttt... jeleklah... Rendah diri deh jadinya.

Mbladush itu suatu keadaan dimana kain warnanya malah seperti lap kompor, ga jelas warna dan motifnya. Cenderung warnanya abu-abu kehitaman kelihatan jadi kain yang udah lama dengan warna kabur.

Nah suatu hari Bu ana diajak pameran ke Malaysia, Hongkong, dan Moscow. Terhenyak, ternyata kain mbladush tersebut laris. Selera memang bisa berbeda.

Bu Ana pun belajar kalau ternyata orang Eropa sukanya warna-warna tersier dan yang mbladush. Karena kalau terlalu jelas, ga beda dengan hasil printing, dimana teknologi mereka soal printing jauh lebih modern.

Kalo wilayah Asia, Hongkong, Korea sukanya warna sekunder dan tersier. Terutama abu-abu, abu kecoklatan, dan warna tanah.

Melayu, termasuk Indonesia sukanya warna premer

Jadi kalo temen-temen pameran ke Eropa jangan bawa yanh warna jreng dan cerah, begitu pesannya.

Ternyata banyak event pameran ke luar negeri, bisa cari info di dinas perindustrian atau kementrian perdagangan atau dinas pariwisata

Ada beberapa negara juga sering adakan event pameran tahunan

1. HKFW Spring Summer 8-11 Juli 2019

2. FI Festival Indonesia Moscow Rusia 3-5 Agustus 2019

3. ISNA 30 Agustus - 2 September 2019

4. London Scout September

Teman-teman bisa hunting mulai sekarang untuk pameran di tahun 2020. Selamat mencoba dan terus berkarya yay yay yay

  Komentar untuk Mbladush yang Mendatangkan Rupiah

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Pesan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah Untuk Sang Kepala Sekolah

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  26 May 2020
  2. Jaga Jarak Selama Pandemi Lebaran Tetap Bisa Silaturahmi

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Pondok Melati, Bekasi Kota  |  24 May 2020
  3. Viral Video Anak Merokok, Yayasan Lentera Anak : Pelanggaran Peraturan Dan Hak Anak

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Jagakarsa, Jakarta Selatan  |  28 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar

    Pesan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah Untuk Sang Kepala Sekolah

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  26 May 2020
  2. 4
    Komentar

    SENIMAN DELES KEMIREN, PENCIPTA TARI LUNDOYO

    Ayu Darwiyanti  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  25 May 2020
  3. 3
    Komentar

    Aceh Sukses Putus Rantai Penyebaran COVID

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  28 May 2020
  4. 2
    Komentar

    Kenali Panduan New Normal Perusahaan Saat PSBB

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cibitung, Bekasi Kabupaten  |  27 May 2020