Mau tau apa itu Hoaks?

7 March 2019, 1:55
1 0 106
Gambar untuk Mau tau apa itu Hoaks?
Sebentar lagi kamu harus dateng ke tempat pengambilan suara. Kamu bakal ketemu beberapa kotak untuk menaruh lembar pilihan pemimpin kemudian beberapa jam setelahnya, akan diadakan perhitungan. Selanjutnya esokan kamu sudah tau siapa aja yang kepilih baik sebagai pemimpin negara dan anggota dewannya. Next 5 tahun kemudian hal serupa akan terjadi sama seperti yang akan kamu lakukan ini, dan seterusnya selamanya tiap 5 tahun sekali. Sayangnya demokrasi politik kian melibatkan beberapa hal yang tidak bertanggung jawab, salah satunya informasi Hoaks. Kamu tau betapa bahayanya hoaks?, suka tidak suka, mau tidak mau harga diri jadi taruhanya, apalagi kamu jadi bagian orang-orang penting di satu wilayah. Gambaranya seperti ini.

kamu dapat pesan dari nomor tlp yang tidak diketahui, atau dari seseorang yang tidak tau kebenaran informasinya, lalu kamu membantu menyebarkannya, sayangnya orang lain yang kamu kirimkan informasi tersebut tau jika informasi tersebut hoaks. Di sini jika si penerima hanya sekedar melihat dan mengabaikan, tidak jadi masalah, namun jika si penerima menganggap informasi hoaks itu merugikannya, tentu perkaranya sampai ke persidangan.

Nah.. Menanggulangi hal tersebut sebaiknya kamu harus memahami betul seperti apa informasi hoaks dan bagaimana membedakannya. Beberapa cara agar kamu tau informasi tersebut hoaks atau tidak;

1. Pastikan informasi tersebut tidak mempersulit/meragukan pembacanya.
Sebenarnya ini yang paling mudah, kamu baca tulisan itu, melihat data dan informasi serta pokok pembahasan yang masuk akal plus tanggal serta nama dan alamat lengkap.

2. Pastikan media yang menulis informasi tersebut ada/bukan fiktif.
Informasi hoaks tentu dibuat oleh orang-orang yang tidak ingin diketahui sumbernya, lain halnya jika informasi yang valid, tentu mereka akan dengan sangat mudah memberikan alamat kantor media/redaksi, kontak yang bisa di hubungi dan bisa pula nama penulisnya. Kamu tinggal lihat saja kontak di media tersebut.

3. Curigai jika informasi yang anda dapat bertuliskan "sebarkan/bantu sebarkan" kuat dugaan jika penggunaan kata tersebut merujuk pada kepalsuan informasi, kita mengenalnya dengan hoaks

4. Hal yang lebih mudahnya lagi, kamu tinggal screnshoot/tangkap layar unyuk mengambil gambar dari informasi tersebut, kemudian masuk ke google, di mesin penelusuran itu akan ada notif untuk mengirim gambar. Kamu kirim gambar itu dan lihat, apakah benar informasi yang kamu dapat dengan informasi yang diberikan google, kalau berbeda dengan informasi yang ada di google tentu sudah paham kan jika hoaks.

Belajar untuk mencermati informasi dan mengoreksi kebenaran informasi itu, sebelum menyebarkannya, saya paham kamu adalah orang baik dan ingin melakukan sebuah kebaikan, tapi kebaikan yang salah bukan hanya merusak nama baik kamu loh, hal mengerikan siap menantimu.

Jika kamu mau, kamu bisa loh menulis informasi yang baik di AtmaGo, selain memberikan informasi yang valid dan melawan hoaks, kamu pun membantu warga mendapat informasi yang baik.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.app.atmago

Semoga bermanfaat.

  Komentar untuk Mau tau apa itu Hoaks?

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!