Mau jadi wanita yang mandiri finansial? Ikuti tips ini!

26814 medium women and money
Banyak yang bilang menjadi seorang wanita tidak mudah. Wanita memiliki peran sebagai manajemen dalam sebuah keluarga, dan tak jarang menjadi tulang punggung keluarga. Bahkan, takdirnya juga telah membawa mereka menjadi seorang ibu yang melahirkan anak-anaknya serta membesarkannya.

Oleh karena itu, wanita dituntut untuk bisa mengetahui segala hal agar bisa mengerjakan semua tugas dan tanggung jawabnya. Untuk itu, wanita yang mandiri merupakan tiang dalam sebuah keluarga maupun bagi dirinya sendiri.

Mandiri tidaknya seseorang bisa diukur dari berbagai faktor, salah satunya keuangan. Untuk itulah, seorang wanita harus bisa memenuhi tujuan finansial. Berikut tips untuk menjadi wanita mandiri secara finansial, seperti dikutip Cermati.

Memiliki penghasilan sendiri:
Ada banyak cara yang bisa dilakukan seorang wanita untuk bisa memiliki penghasilan sendiri. Mulai dari bekerja sebagai karyawati, hingga berkarya sendiri dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih sekarang ini.

Dengan memiliki penghasilan, maka seorang wanita akan lebih mudah menutupi kebutuhan dan mempersiapkan diri dari kemungkinan terjadinya risiko finansial di kemudian hari. Artinya, wanita akan lebih mudah untuk hidup mandiri tanpa menggantungkan orang lain, suami, orang tua, dan kerabat.

Bagi wanita lajang, memiliki penghasilan sendiri tentunya menyenangkan karena bisa memenuhi kebutuhan sendiri tanpa harus menunggu pemberian orang tua. Bagi yang sudah menikah, istri yang punya penghasilan akan sangat membantu sang suami untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Memiliki tujuan keuangan:
Wanita juga bisa masuk kategori mandiri finansial apabila memiliki tujuan keuangan. Artinya, dia memiliki tujuan untuk apa uang yang dihasilkannya nanti. Penghasilan itu secara rinci dicatat dengan baik dan dialokasi untuk kebutuhan utama saat ini maupun untuk mencapai kebutuhan di masa yang akan datang, seperti kepemilikan rumah, kendaraan, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Menjadi seorang wanita mandiri, berarti juga bisa menentukan atau memilih jenis pekerjaan apa yang diinginkan dan menghadapi semua hambatan dengan tegar. Wanita mandiri bisa menetapkan pilihan sebuah pekerjaan atau kegiatan yang menghasilkan sesuai dengan keinginan hati.

Dengan kata lain, wanita yang mandiri secara finansial ini berawal dari kemampuannya melakukan pekerjaan atau membuat sebuah karya yang menghasilkan dan bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dari pilihan tersebut.

Memiliki tabungan:
Memiliki tabungan tentunya penting untuk semuanya, tidak hanya kaum wanita. Namun, wanita bisa dikatakan mandiri secara finansial apabila memiliki penghasilan, dan mampu menyisihkan sebagian untuk tabungan.

Dengan tabungan, maka akan ada jaminan di masa depan apabila sewaktu-waktu membutuhkan dana. Karena sifat tabungan yang fungsinya sebagai dana darurat, maka tabungan biasanya bisa dengan mudah dicairkan.

Memiliki asuransi:
Tanda wanita benar-benar mandiri secara finansial adalah dibuktikan dengan kesadarannya untuk memproteksi diri. Karena dia tahu bahwa asuransi akan memberikan rasa aman dan nyaman dalam hidup, menghadapi kemungkinan-kemungkinan terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Menyiapkan dana pendidikan untuk anak:
Wanita dikatakan mandiri secara finansial juga termasuk dari mereka yang peduli akan pendidikan anak-anaknya kelak. Meski belum memiliki anak, tidak ada salahnya dana pendidikan untuknya kelak dipersiapkan dari sekarang.

Dengan kesiapan dana pendidikan yang mencukupi, maka kebutuhan pendidikan anak bisa dipenuhi dengan baik. Sehingga bisa menggapai cita-cita yang diinginkan dan menjadi orang yang membanggakan kedua orang tuanya. Tidak wajib mempunyai semua yang sudah di tertera, tapi bisa dimulai kapanpun dan dimanapun asal rajin!

Salam wanita hebat

Sumber: merdeka.com
Sudah dilihat 105 kali

Komentar