marhaban ya ramadan, jangan lupa munggah

5 May 2019, 08:23 WIB
4 0 73
Gambar untuk marhaban ya ramadan, jangan lupa munggah
Heey... Kamu warga sunda atau betawi yang sudah atau baru berumah tangga, pasti lagi masak enak dan nantinya di masukan ke dalam rantang untuk kemudian di berikan ke orang tua masing-masing, baik orang tua suami ataupun orang tua istri. Dan menyebut kegiatan itu dengan sebutan munggah. Sebelumnya kalian tau apa itu munggah?
Dari info yang diberikan wikipedia, munggahan adalah tradisi masyarakat Islam suku Sunda untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan yang dilakukan pada akhir bulan Sya'ban (satu atau dua hari menjelang bulan Ramadhan). Bentuk pelaksanaannya bervariasi, umumnya berkumpul bersama keluarga dan kerabat, makan bersama (botram), saling bermaafan, dan berdoa bersama. Selain itu, ada pula yang mengunjungi tempat wisata bersama keluarga, berziarah ke makam orang tua atau orang saleh, atau mengamalkan sedekah munggah (sedekah pada sehari menjelang bulan puasa).
Kata Munggahan sendiri berasal dari Bahasa Sunda, unggah yang berarti naik, yang bermakna naik ke bulan yang suci atau tinggi derajatnya. Tradisi munggahan dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah, untuk membersihkan diri dari hal-hal yang buruk selama setahun ke sebelumnya dan agar terhindar dari perbuatan yang tidak baik selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.
Nah..kalian paham. Beda lokasi dan beda budaya jelas pula beda pengertiannya. Kalau saya yang di Kota Bekasi mengartikan Munggah dengan mendatangi orang tua ditemani istri dan anak, atau ada pula yang hanya meminta anaknya mengantarkan makanan ke orang tua atau bagian keluarga yang dituakan. Makanan tersebut bisa berbahan pokok ikan bandeng atau daging ayam.
Karena besok sudah bulan puasa, so pasti hari ini kalian munggah kan? Yupz... Hati-hati di jalan dan tetap jaga keselamatan,
Marhaban ya ramadan.

  Komentar untuk marhaban ya ramadan, jangan lupa munggah

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!