Margaret Hilda Thatcher Sang “Lady Iron”

25016 medium 1525413130448
Amtaguys sekalian,tahukah kalian bahwa hari ini merupakan hari bersejarah bagi negara Inggris? Kalau kalian belum tau,simak ulasan dibawah ini ya!

Margaret Hilda Roberts,begitulah namanya sebelum menikah dengan Denis Thatcher. Margaret lahir pada 13 Oktober 1925 di Gantham, Lincolnshire, ia merupakan anak dari pasangan Alfred Roberts dan Beatrice Ethel.

Tepat pada hari ini, 4 Mei 1979 Ketika Margaret Thatcher terpilih sebagai Perdana Menteri Inggris, sederet kata "pertama" langsung mengiringinya. Dia tidak sekadar menjadi perdana menteri perempuan pertama di Inggris, namun juga pemimpin perempuan pertama di Benua Eropa. Selain itu, dia juga menjadi perdana menteri pertama yang mampu menang tiga pemilihan berturut-turut di abad ke-20.

Meski berkuliah di jurusan Kimia, Margaret nyatanya lebih menyukai dunia politik. Selama di Oxford, dia pernah menjabat sebagai Presiden Asosiasi Konservatif. Kemudian ia mengawali karir dalam dunia politik dengan bergabung dengan Asosiasi Konservatif lokal, dan ikut konferensi mereka di Llandudno, Wales, di 1948 sebagai perwakilan Asosiasi Konservatif Oxford.

Dia kemudian masuk ke Vermin Club, organisasi akar rumput Konservatif yang dibentuk sebagai respon komentar melecehkan dari politisi Partai Buruh, Aneurin Bevan. April 1958, Thatcher mencoba kembali mendaftarkan dirinya ke Parlemen setelah sebelumnya gagal pada 1954. Kali ini, dia mencoba "kursi aman" Konservatif di Finchley. Kali ini, dia berhasil duduk sebagai anggota Majelis Rendah (House of Commons) Parlemen Inggris dalam Pemilu 1959. Dari parlemen, karir politik Thatcher sedikit demi sedikit mulai merangkak naik.

Pidato pertamanya sebagai anggota baru didengarkan. Karirnya di dunia politik semakin berkembang dan posisinya kian kuat setelah memimpin Partai Konservatif dan Partai Oposisi pada 1975.

Di 1976, Thatcher berpidato soal kebijakan luar negeri, dan menuduh Uni Soviet berusaha mendominasi dunia. Pidatonya itu membuat harian militer Soviet, Krasnaya Zevzda (Bintang Merah) membuat berita berjudul "Si Perempuan Besi Timbulkan Kekhawatiran". Saat itu, julukan "Iron Lady" yang disematkan Thatcher merujuk kepada "Iron Chancellor" Otto von Bismarck dari Kekaisaran Jerman.

Setelah ditetapkan menjadi orang nomor satu di Inggris, Thatcher langsung melakukan serangkaian kebijakan yang bakal membuatnya dikenal. Di bidang ekonomi, dia memutuskan untuk menghapus sistem industrial tradisional Inggris, dan menyerahkan pengelolaan transportasi publik dan perumahan ke swasta. Selain itu, dia juga mengurangi pengeluaran di sektor sosial seperti pendidikan, kesehatan publik, maupun perumahan bersubsidi.

Thatcher juga membatasi pencetakan uang, dan membatasi secara legal persatuan dagang. Ketika itu, muncul istilah Thatcherisme. Istilah itu tidak hanya menggambarkan kebijakan Thatcher. Namun juga gaya serta pandangan hidupnya. Dia menekankan pendekatan tanpa kompromi untuk mencapai tujuan politik.

Thatcher mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri dan ketua partai pada November 1990, setelah Michael Heseltine menantang kepemimpinannya. Total, Thatcher memerintah Inggris selama 11 tahun dan 209 hari. Thatcher memegang gelar bangsawan seumur hidup sebagai Baroness Thatcher dari Kesteven di County Lincolnshire.

Baroness Margaret Thatcher wafat pada 8 April 2013 dalam usia 87 tahun di Ritz Hotel London karena terserang stroke. Upacara pemakaman dengan penghormatan militer penuh digelar pada 17 April 2013. Sebelummya, dilakukan misa pemakaman di Katedral St.Paul.

Jenazah Thatcher dikremasi di Krematorium Mortlake, dengan dihadiri oleh Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip Duke of Edinburgh. Abu Thatcher ditaruh di samping suaminya, Denis Thatcher, di Rumah Sakit Royal Chelsea.

Referensi :
https://www.biography.com/people/margaret-thatcher-9504796
http://www.republika.co.id/berita/senggang/sosok/13/05/04/mm94uw-hari-ini-di-1979-margaret-thatcher-menjadi-perdana-menteri-inggris
https://internasional.kompas.com/read/2018/04/11/17000021/biografi-tokoh-dunia--margaret-thatcher-si-iron-lady-?page=all
#TodayInHistory

Komentar