Marak Penyalahgunaan SKTM, DPRD Akan Panggil Dinas Pendidikan

28004 medium skktm
Brebes -Polemik pembuatan surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang terindikasi palsu, kini banyak di salah gunakan para orangtua guna bisa menyekolahkan anaknya ke sekolah yang dianggap favorit.

Padahal seperti yang pernah diselidiki beberapa sekolah, ternyata pemilik SKTM justru dari kalangan mampu, seperti kasus pendaftaran sekolah dengan SKTM di SMAN 1 Brebes, ternyata merupakan keluarga mampu.



Ada keluarga dari juragan warteg, anak juragan bawang dan adalagi yang bekerja sebagai wirasawasta maju.

SKTM dibuat sebagai syarat untuk diterima sebagai calon siswa baru dalam pendaftaran peserta didik baru diduga banyak digunakan oleh keluarga mampu.

Hal inilah menjadi perhatian khusus Pemda Brebes.

“Jika ditemukan ada siswa membawa surat SKTM meski dari keluarga mampu sebagai syarat pendaftaran peserta didik di suatu sekolah dianggap pelanggaran pidana. Mereka Sebagai oknum desa yang mengeluarkan SKTM Palsu tersebut,” jelas Sekda Brebes Emastoni Ezam Usai mengikuti Paripurna DPRD di Gedung DPRD Brebes, Selasa (10/7/2018).

Menurut Emastoni, sudah diterangkan dalam peraturan untuk penerima SKTM sebenarnya sesuai dengan kriteria yang sebenarnya dari keluarga miskin.

Hal sama juga diungkapkan oleh Ketua DPRD Brebes Illia Amin.

Dengan maraknya penggunaan SKTM yang bukan haknya, pihaknya akan memanggil Dinas Pendidikan Brebes untuk mengklarifikasi kasus SKTM Palsu yang terjadi di Brebes yang tidak sesuai dengan peruntukannya.

“Kita segera akan panggil Kepala Dinpora untuk mengklarifikasi kasus SKTM palsu itu,” ujar Illia Amin singkat. (Brebesnews.co)
Sudah dilihat 82 kali

Komentar