Mangga, Si Manis Anti Kanker

24984 medium mangga e1490588581204
Foodies semua pasti tau buah mangga, kan? Tapi kira-kira foodies tau gak sih apa aja kandungan pada si manis satu ini?? Simak ulasan dibawah ini yaa!

Begini foodies, buah mangga termasuk ke dalam marga Mangifera. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica, yang artinya “pohon yang berbuah mangga, berasal dari India”. Pohon mangga bisa tumbuh mencapai tinggi 10–40 m.

Katanya yaa, nama buah ini berasal dari Malayalam maanga, yang kemudian kita sebut dengan nama “Mangga” dan buah ini juga memiliki beberapa nama lain dari berbagai tempat di dunia iniloh, foodies! Ada yang tau salah satunya?

Buah mangga sendiri memiliki ukuran dan bentuk yang sangat berubah-ubah bergantung pada macamnya, mulai dari bulat (misalnya mangga gedong), bulat telur (gadung, indramayu, arumanis) hingga lonjong memanjang (mangga golek).

Buah mangga mengandung sejumlah unsur gizi seperti protein, vitamin, mineral dan lainnya yang dapat membantu memperbaiki kualitas kesehatan serta meningkatkan kekebalan tubuh. Tentu saja manfaat tersebut akan kita dapatkan bila buah mangga ini dikonsumsi secara teratur baik dalam keadaan mentah ataupun matang .


Berikut ini juga merupakan manfaat dari buah mangga untuk tubuh kita, disimak baik-baik ya foodies.

1. Pencegahan Asma
Buah mangga dapat mempengaruhi pengembangan resiko asma menjadi lebih rendah. Hal ini juga terjadi pada orang yang mengkonsumsi jumlah tinggi nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta karoten, yang ditemukan dalam buah lainnya seperti pepaya, labu dan wortel.

2. Menjaga Kadar Kolesterol
Buah mangga memiliki sejumlah manfaat seperti jambu biji, yang mengandung vitamin C tingkat tinggi, pektin dan serat akan membantu menurunkan kadar kolesterol. Buah mangga segar merupakan sumber makanan kaya akan kalium, yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

3. Menyehatkan Mata
Mata merupakan indra yang penting bagi manusia. Satu cup irisan mangga memasok 25% vitamin A, dari asupan harian yang diperlukan. Hal ini mampu menjauhkan dari berbagai penyakit mata seperti rabun senja, rabun dekat ataupun rabun jauh.

4. Pencegahan Kanker
Nah ini dia nih foodies, jadi menurut penelitian para ahli, ditemukan bahwa mangga mengandung senyawa antioksidan yang diyakini dapat melindungi kita dari resiko terhadap kanker usus besar, payudara, leukemia dan kanker prostat. Senyawa yang dimaksud adalah quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, serta enzim yang melimpah.

5. Mencegah Penyakit Jantung
Foodies, mangga itu merupakan buah yang kaya akan serat, kalium dan vitamin. Nah ternyata zat-zat tadi dapat membantu menghindari kita dari penyakit jantung, loh. Peningkatan asupan kalium bersamaan dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting pada seseorang, yang akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.


6. Zat Besi Tinggi
Jangan dikira zat besi itu hanya ada di sayuran hijau ya foodies, ternyata buah mangga juga mengandung zat besi loh. Sehingga buah ini dapat menjadi solusi alami bagi orang yang menderita anemia. Selain itu, mangga juga baik untuk wanita menopause, sedang hamil, ataupun saat sedang menstruasi, karena mangga akan meningkatkan kadar zat besi mereka dan kalsium pada waktu yang sama.


Nah itu dia ulasan kesehatan tentang mangga si manis anti kanker ya foodies! Oh iya, sebaik apapun kandungan zat gizi pada sebuah makanan, kita harus tetap bijaksana dalam mengonsumsi makanan tersebut ya! Karena sesuatu yang berlebihan pasti memiliki dampak yang kurang baik. Well, stay healty and be happy ya,foodies.


Referensi :
https://manfaat.co.id/manfaat-mangga
https://klinikgizi.com/2017/04/15/10240/

Komentar