Manfaatkan Radio, PMI Kota Sukabumi Sosialisasikan Mitigasi Covid-19

2 April 2020, 08:22 WIB
2 0 75
Gambar untuk Manfaatkan Radio, PMI Kota Sukabumi Sosialisasikan Mitigasi Covid-19
SUKABUMI - Beragam cara dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi terus berupaya untuk mensosialisasikan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat, Salah satunya melalui kegiatan talkshow dan dialog interaktif melalui media siaran radio.

"Penyebaran informasi mengenai upaya pencegahan dan kesiapsiagaan pendemi covid-10 ini harus terus dilakukan secara masif agar masyarakat benar paham cara pencegahan dan upaya yang harus dilakukannya,'' ujar Ketua PMI Kota Sukabumi, drh.Suranto Sumowiryo, Kamis (2/4)

Misalnya, kata dia, memberikan informasi kegiatan upaya respon yang sudah dilakukan oleh PMI kota sukabumi dalam membantu pemerintah dalam upaya memutus rantai virus covid-19 ini dengan melakukan penyemprotan disinfektan kebeberapa lokasi sentral publik. selain itu, upaya lain yang rutin disosialisasikan melalui saluran radio ini adalah memberika informasi kepada masyarakat tentang progres program kesiapsiagaan gempa bumi yang dilakukan oleh PMI Kota Sukabumi melalui dukungan PMI Pusat dan Palang Merah Amerika (Amcross) di Sukabumi.

Dalam kegiatannya, PMI menggandeng Radio Suara Perintis Kemerdekaan yang merupakan radio Pemerintah Kota Sukabumi sebagai sarana untuk menyampaikan berbagai informasi program yang dilakukan PMI. Terutama dalam kesiapsiagaan bencana saat ini dan respon Covid 19 di Kota Sukabumi.

Menurut Suranto, dalam upaya pengurangan risiko bencana ini keberadaan radio perannya sangat penting. Sebab, radio mempunyai ruang tersendiri yang sangat luas jangkaunya untuk menginformasikan keberbagai segmen masyarakat.

Radio terang Suranto, merupakan salah satu bentuk media khususnya penyiaran yang menjadi alternatif strategis untuk melakukan komunikasi kepada masyarakat guna membangun kultur budaya sadar bencana. Upaya yang berkelanjutan dan lintas generasi tentu sangat diperlukan untuk membangun kesiapsiagaan dalam menghadapi dan pengurangan risiko bencana.

Suranto menuturkan, terkait langkah yang dilakukan dalam upaya pencegahan covid-19 di kota sukabumi, saat ini PMI Kota Sukabumi telah melakukan berbagai upaya diantaranya melakukan penyemprotan disindektan serta upaya edukasi dan sosialisasi pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di keluarga.

Suranto Menjelaskan, sejak wabah Virus Corona COVID-19 merebak dengan cepat, banyak masyarakat mengirimkan surat permintaan penyemprotan disinfektan, bahkan saat ini PMI mencatat ada sekitar 266 lebih titik lokasi yang sudah dilakukan penyemprotan. Data ini akan bertambah seiring dengan surat yang masuk yang menjadi daftar tunggu

Sementara itu, dalam pelaksanaan kegiatan talkshow dialog radio yang rutin digelar, pihaknya tidak sendirian, dalam kegiatanya menggandeng beberapa mitra stakeholder strategis program seperti dari BPBD, Dinkes, PUPR kota Sukabumi dan dinas dan lembaga lainnya

  Komentar untuk Manfaatkan Radio, PMI Kota Sukabumi Sosialisasikan Mitigasi Covid-19

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. GASA Kembali Berbagi Sayuran "Warga Bantu Warga" di Lima Kampung se-Kel. Wirogunan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  18 May 2020
  2. Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

    Lalu Iskandar  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  2. 3
    Komentar

    Hargailah Para Pejuang Melawan Covid-19

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  3. 3
    Komentar

    Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  4. 2
    Komentar

    CORONA TIDAK MENJADI PENGHALANG RUTINITAS

    WAHYU NAN HANDA  di  Praya, Lombok Tengah  |  20 May 2020