Manfaat Sayur dan Buah Hijau

54305 medium ayobdg panen tanaman hydroponik ncos 5
Oleh : Dede Nurhasanudin

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Sayuran dan buah-buahan hijau dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, nutrisi, dan antioksidan. Agar tubuh mendapatkan gizi maksimal, Anda bisa mengonsumsi produk-produk sayuran dan buah-buahan organik.

Berikut 5 sayuran dan buah-buahan serta manfaat supernya yang bisa Anda pilih untuk dikonsumsi sehari-hari, dikutip dari onegreenplanet.org.

1. Bayam

Bayam dikenal sebagai salah satu makanan padat nutrisi. Satu ikat bayam mentah segar mengandung banyak vitamin dan mineral utama, seperti zat besi, kalsium, magnesium, folat, vitamin K, vitamin A, dan vitamin C.

Bayam juga memiliki kandungan serat dan protein yang cukup. Glikogliserolipid adalah senyawa nabati yang ditemukan dalam bayam yang dapat membantu melindungi jalur pencernaan dari kerusakan dan peradangan.

Manfaat bayam antara lain, mengatur tekanan darah, memiliki sifat melawan kanker, membantu memperkuat tulang, melindungi tubuh dari penyakit jantung, membantu mempertajam penglihatan, dan mendorong sistem kekebalan tubuh.

2. Kale

Kale tidak mengandung lemak dan rendah kalori. Sayuran ini kaya akan serat, zat besi, kalsium, vitamin C, vitamin A, dan vitamin K, serta antioksidan seperti kerotenoid dan flavonoid. Antioksidan ini melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker.

Manfaat kale di antaranya, menurunkan kolesterol untuk kesehatan jantung yang lebih baik, memiliki cara alami untuk detoksifikasi tubuh, menurunkan risiko kanker, dapat meningkatkan kesehatan tulang.

3. Mentimun

Mentimun yang mengandung banyak air, sangat baik dikonsumsi saat musim panas. Sayuran segar ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral harian yang direkomendasikan.

Mentimun mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B12, vitamin B6, vitamin D, zat besi, kalsium, dan magnesium. Mentimun juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jika Anda tidak terlalu banyak minum air putih dalam sehari, Anda bisa menambahkan beberapa iris mentimun segar ke gelas yang Anda minum di pagi hari.

Manfaat mentimun di antaranya, rehidrasi tubuh, mengisi kembali vitamin yang hilang sepanjang hari, memiliki sifat anti-inflamasi, dan membantu mengontrol tekanan darah.

4. Jambu biji

Jambu biji memiliki daging buah yang lembut dan manis dan biasanya dimakan mentah. Buah ini adalah buah pembangkit tenaga, dan mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin A, vitamin C, asam folat, dan mineral seperti kalium dan tembaga. Nilai gizi jambu biji akan bervariasi tergantung pada jenisnya.

Manfaat jambu biji di antaranya, menurunkan risiko kanker, meningkatkan penglihatan, membuat kulit lebih sehat, mengurangi risiko diabetes, meningkatkan penurunan berat badan, dan menyembuhkan sembelit.

5. Apel Hijau

Apel hijau tinggi akan antioksidan, serat makanan, dan potasium. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B, dan vitamin E yang bisa membuat kulit lebih bercahaya dan sehat. Makanlah apel hijau dengan kulitnya yang telah dicuci bersih untuk asupan vitamin yang lebih besar.

Manfaat apel hijau antara lain, meningkatkan berat badan, mengatur gula darah, memperkuat gigi dan kulit, serta menyembuhkan diare dan sembelit.

Sudah dilihat 41 kali

Komentar