Manfaat Pohon Bidara Untuk Kehidupan

29336 medium 36910223 1015954595238489 7751178116755619840 n
Manfaat Pohon Bidara Untuk Kehidupan


Daun bidara: Mengingat banyaknya khasiat bidara, kini kita akan membahas terlebih dahulu mengenai pohon bidara.
Ia memiliki nama latin Ziziphus Mauritiana. Ia merupakan tanaman yang biasanya hidup ditempat yang kering. Pohon ini bukan hanya tumbuh di Indonesia tapi tersebar dinegara-negara lainnya. Secara fisik, pohon ini berukuran sedang yakni hanya sekitar 15 meter saja.

Yang paling banyak menarik perhatian dari pohon bidara ini adalah daunnya. Sejak dahulu kala, banyak masyarakat yang percaya akan khasiat daun bidara untuk kesehatan. Daun-daun yang berbentuk bulat lonjong ini berwarna hijau cerah dengan sedikit warna putih. Selain daun, ada juga buah bidara yang sama-sama dianggap bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Namun, daunnya adalah yang paling banyak dicari karena dianggap paling berkhasiat.

Khasiat Daun Bidara Untuk Kesehatan

Bidara ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kehidupan manusia terutama dalam hal kesehatan. Maka kali ini kita akan membahas khasiat dari sang primadona pohon ini yaitu daunnya.

– Mempercepat penyembuhan flu,pilek, dsb

Khasiat daun bidara yang pertama diketahui dapat mempercepat penyembuhan penyakit yang disebabkan infeksi bakteri atau virus seperti flu, pilek, dan jenis flu lainnya. Hal ini karena daun bidara mengandung antibakterial aktif yang mampu melawan penyebaran infeksi bakteri ataupun virus.

– Mempercepat penyembuhan Luka

Selain dapat berperan sebagai antibakterial aktif, daun bidara juga diketahui mengandung senyawa antiseptik. Dengan begitu, ia bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka pada tubuh. Luka sayat, dan jenis luka lainnya bisa cepat disembuhkan dengan senyawa antiseptik yang mampu melawan infeksi.

– Baik untuk kesehatan gigi dan tulang


Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa salah satu khasiat daun bidara yakni bisa menjaga kesehatan gigi dan tulang. Hal ini karena daun yang tumbuh dari pohon bidara ini mengandung kalsium yang cukup tinggi. Sehingga tidak heran jika ia bisa menjaga dan menguatkan gigi serta tulang.

– Berperan sebagai anti-inflamasi

Peradangan sering terjadi pada tubuh khususnya area kulit. Daun bidara mengandung senyawa anti-inflamasi yang mampu meredakan peradangan yang terjadi. Sehingga bagian tubuh yang mengalami peradangan bisa berangsur-angsur membaik dan kembali normal.

Cara Memanfaatkan Pohon Bidara (Khusus Daunnya)

Jika masih bingung bagaimana memanfaatkan daun bidara untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, ini dia beberapa cara yang bisa dilakukan.

Menumbuk beberapa helai daun bidara pada wadah yang bersih. Berikan sedikit air agar tercampur rata. Kemudian oleskan pada area tubuh yang luka ataupun mengalami peradangan seperti jerawat diwajah. Untuk mengobati jerawat, hal ini bisa diulangi 3 sampai 4 kali seminggu sampai jerawat benar-benar hilang.

Cara lainnya bisa dengan mencuci bersih beberapa lembar daun bidara untuk kemudian langsung ditempelkan pada bagian tubuh yang terkena luka baik luka sayat ataupun luka bakar.
Untuk pengobatan dalam seperti mengatasi diabetes, flu, ataupun influenza, kita bisa mencuci bersih daun bidara dan mengeringkannya sampai seperti daun teh. Kemudian diseduh seperti teh biasa dengan air panas dan diminum selagi hangat. Jika dirasa sulit, bisa membeli teh daun bidara dalam kemasan yang saat ini banyak dijual.

Demikian informasi singkat mengenai khasiat daun bidara yang bisa kita manfaatkan untuk berbagai masalah kesehatan sehari-hari.
Tidak salah memang jika bidara mengandung banyak manfaat karena pohon bidara sendiri sudah disebutkan dalam Al-Quran dan sudah sering dijadikan obat sejak jaman Rasulullah SAW sekalipun.
Sudah dilihat 70 kali

Komentar