Manfaat Minyak Biji Anggur

41392 medium 30f619c2 8d98 4bb5 bc0a c7a49f11552d
Minyak biji anggur adalah minyak esensial yang didapat dari hasil pemrosesan biji anggur dengan menggunakan pelarut heksana dan neurotoxin. Kok, terdengar berbahaya? Memang, karena heksana adalah zat polutan udara sementara neurotoxin adalah zat yang meracuni saraf. Meski begitu, Anda tetap bisa mendapatkan berbagai potensi manfaat minyak biji anggur dengan membeli produk hasil cold-pressed yang tidak menggunakan pelarut kimia atau panas tinggi selama proses pembuatannya.

Simak berbagai manfaat minyak biji anggur untuk kesehatan di artikel ini.

Manfaat minyak biji anggur untuk kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Minyak biji anggur organik kaya akan asam lemak tak jenuh ganda, terutama omega-6. Menurut American Heart Association, asam lemak tak jenuh ganda dapat mengurangi kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Namun, manfaat ini akan tergantung pada keseimbangan asupan asam lemak omega-6 dan asam lemak omega-3 harian Anda. Sumber makanan asam lemak omega-6 mungkin lebih mudah ditemui di berbagai makanan dibandingkan dengan asam lemak omega-3.

Jadi jika Anda sudah mendapatkan cukup omega-6 dalam makanan sehari-hari, maka sebaiknya hindari mengonsumsi minyak biji anggur secara teratur. Terlalu banyak asupan asam lemak omega-6 dapat memicu peradangan yang bisa menimbulkan penyakit kronis, termasuk kanker.

2. Tinggi antioksidan

Minyak grapeseed adalah sumber vitamin E yang baik, bahkan lebih dari minyak zaitun. Vitamin E adalah vitamin yang bekerja sebagai antioksidan untuk membantu melindungi sel dari radikal bebas yang dikaitkan dengan kanker, penyakit jantung, dan penyakit kronis lainnya.

Selain itu, vitamin E juga dapat menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh Anda.

3. Menjaga kesehatan kulit

Kombinasi omega-6 dan vitamin E dalam minyak biji anggur dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan melawan peradangan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Radikal bebas juga bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit, yang ditandai dengan kulit kering serta perubahan warna kulit.

Caranya cukup dengan mengoleskan beberapa tetes minyak grapeseed pada kulit wajah atau tubuh sebelum tidur malam, kemudian pijat lembih. Anda juga bisa menggunakannya lagi di pagi hari setelah bangun tidur.

Minyak biji anggur mudah menyerap kulit dan tidak membuat kulit Anda terasa berminyak. Minyak ini juga tidak menyumbat pori-pori, dan cocok untuk semua jenis kulit — termasuk kulit berminyak yang perlu pelembap.

Manfaat lain minyak grapeseed untuk kecantikan antara lain.

Melembabkan kulit.
Menyembuhkan jerawat.
Mencerahkan warna kulit.
Mengencangkan pori-pori.
Memudarkan bekas luka.
Menghapus makeup.

4. Menjaga kesehatan rambut

Minyak biji anggur dapat memperbaiki kondisi rambut dan kulit kepala Anda. Jika Anda memiliki ketombe, yang sering disebabkan oleh kulit kepala yang kering, mengoleskan minyak biji anggur ke kulit kepala dapat membantu mengelupas kulit mati dan mengembalikan kelembaban kulit kepala Anda.

Selain itu, dengan mengoleskan minyak grapeseed pada rambut, dapat menambah kelembaban, kekuatan, dan kilau rambut Anda. Oleskan beberapa tetes minyak esensial ini ke rambut dan kulit kepala Anda sebelum keramas.

Adakah efek samping dan risiko dari minyak biji anggur?

Jika Anda memiliki alergi dengan minyak biji anggur, sebaiknya hindari menggunakannya karena berisiko menimbulkan gejala alergi.

Sebelum Anda mengoleskannya banyak-banyak, oles dulu sedikit ke punggung tangan dan tunggu 1×24 jam untuk melihat apakah ada reaksi yang timbul setelahnya. Jika tidak terjadi apa-apa, Anda boleh mengoleskannya ke kulit wajah atau bagian tubuh lainnya.

Minyak Biji Anggur Bisa di Pesan ke Siti Mahmudah Inbox/WA 085808993128
Sudah dilihat 25 kali

Komentar