Manfaat Konsumsi Yoghurt Saat Bebuka Puasa

13 May 2019, 15:18 WIB
4 0 31
Gambar untuk Manfaat Konsumsi Yoghurt Saat Bebuka Puasa
Rasa asam pada yoghurt apakah aman untuk dikonsumsi saat berbuka serta sahur? Banyak orang menghindari konsumsi minuman asam untuk berbuka puasa, yoghurt misalnya. Namun, pakar gizi dari Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Hardinsyah mengatakan, konsumsi yoghurt saat perut kosong, seperti saat berbuka puasa, sebenarnya bukanlah masalah besar.

Menurut dia, lambung memiliki berbagai senyawa aktif yang akan membantu menetralkan cairan asam yang masuk ke dalam lambung sehingga minum yoghurt yang asam pun tak menjadi masalah. “Lagi pula, rasa asam pada yoghurt bersifat alami dan tidak terlalu kuat,” kata Prof Hardinsyah.

Lebih lanjut dia mengatakan, konsumsi yoghurt saat berbuka puasa akan membantu meningkatkan manfaat detoks tubuh saat puasa. “Puasa bermanfaat sebagai detoks dari aneka racun. Konsumsi yoghurt yang mengandung aneka vitamin dan antioksidan akan membantu mendetoks tubuh dan memperlancar pencernaan,” tambahnya.

Kandungan gizi yoghurt dapat meningkatkan kesehatan berpuasa karena yoghurt mengandung vitamin A, B1, B2, B12, D, E, kalium, dan kalsium serta protein yang tentunya baik bagi tubuh saat berpuasa. Bakteri baik berupa Lactobacillus bulgaricus dan Streptococus thermopilus yang terdapat dalam yoghurt, membantu sistem pencernaan tubuh dengan menekan pertumbuhan bakteri jahat.

Sumber: Warta Kesehatan

  Komentar untuk Manfaat Konsumsi Yoghurt Saat Bebuka Puasa

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!