Manfaat Khasiat Tumbuhan Gendola Untuk Kesehatan Tubuh

27023 medium images 1529718276940
Nama ilmiah dari tumbuhan gendola adalah Basella rubra Linn. Kandungan kimia dan efek farmakalogis tumbuhan gendola. Bahan kimia yang terkandung dalam gendola, di antaranya organic acid, glucan, saponin, vitamin A,B, dan C.

Manfaat Tumbuhan Gendola
Gambar tumbuhan gendola (sumber : google.co.id)

Efek farmakologis gendola, di antaranya penurun panas, pembersih darah dari organisme penyebab penyakit, dan penetral racun. Bagian yang digunakan dan pemanfaatannya adalah seluruh bagian tumbuhan gendola dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit yang merugikan tubuh kita. Dengan cara pengobatan tradisioanal alami kita dapat menjaga kesehatan tubuh kita serta mencegah terjangkitnya oleh penyakit-penyakit.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Campak (measles) dan Cacar Air

Cuci bersih 30 g bunga gendola lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Dada Terasa Panas dan Sesak

Cuci bersih 70 g seluruh tumbuhan gendola segar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Tambahkan ke dalam air rebusan 1 seloki arak lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Diare

Cuci bersih 30 g akar gendola segar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1 kali sehari seperti minum teh.

Influensa

Cuci bersih 20 g daun gendola segar sampai bersih, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, bubuhi sedikit garam, aduk, lalu minum sekaligus 1 kali sehari dengan sedikit garam.

Sembelit

Rebus 3-5 helai daun gendola segar yang bersih, rebus dengan air secukupnya sampai mendidih, angkat daunnya, tiriskan, lalu makan sebagai lalap 1 kali sehari.

Radang Usus Buntu

Cuci bersih 70 g seluruh bagian tumbuhan gendola, potong kecil-kecil, lalu rebus dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

Demikian penjelasan tentang manfaat tumbuhan gendola untuk kesehatan tubuh yang berguna untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit seperti yang tertulis diatas agar selalu waspada akan penyakit dan cegah dengan pengobatan tradisional alami

Komentar