Manfaat Kayu Secang Dan Cara Meminumnya

5 0 60
Gambar untuk Manfaat Kayu Secang Dan Cara Meminumnya
Kayu secang atau Caesalpinia sappan L  berasal dari pohon kecil berduri yang biasanya tumbuh hingga 9 m. Kayu yang sering dijadikan minuman wedang oleh orang-orang Jawa ini, memang mempunyai berbagai khasiat mulai dari menghangatkan tubuh, sampai manfaat lainnya. Apa saja manfaat kayu secang yang sayang untuk dilewatkan bagi kesehatan tubuh?

1. Antitumor




Manfaat kayu secang yang pertama adalah khasiatnya untuk melawan tumor. Hal ini sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian pada tikus lab. Sifat antitumor yang terdapat di dalamnya, jika ditambah dengan 50% etanol dilaporkan bisa menghambat perkembangan sel tumor pada tikus lab.


Untuk itu, tidak ada salahnya memang jika orang Jawa menambahkan kayu secang ini ke dalam berbagai minuman herbal andalannya. Seperti yang kita ketahui, tumor sendiri adalah penyakit dimana perkembangan jaringan sel tidak normal. Ada tumor yang bersifat jinak, tetapi ada juga yang ganas dan bersifat kanker.

2. Antibakteri




Manfaat kayu secang selanjutnya menurut beberapa penelitian adalah kemampuannya dalam meningkatkan kerja sistem imun tubuh untuk melawan berbagai jenis bakteri. Infeksi bakteri sendiri adalah satu penyebab penyakit menular yang paling umum dan membahayakan tubuh. Contohnya adalah infeksi bakteri Salmonella typhi (penyebab tipes), dan E. coli (penyebab diare dan gangguan pencernaan umum).


Potensi dalam kayu secang ini bisa semakin efektif untuk melawan bakteri ketika air secang ini ditambahkan dengan etanol sebanyak 95% sebagai pelarut dalam minyak esensial.

3. Sumber Antioksidan




Di dalam kayu secang, ditemukan kadar fenol, flavonoid, dan terpenoid yang tinggi. Ketiga senyawa inilah yang bertindak sebagai antioksidan alami dan berfungsi untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh.


Kerusakan sel akibat radikal bebas inilah yang dapat menyebabkan penuaan dini dan berbagai jenis penyakit mematikan lainnya seperti kanker, dan jantung. Untuk mengatasi masalah ini, tidak ada salahnya jika kamu rutin mengkonsumsi ekstrak minuman dari kayu secang.

4. Mengatasi Jerawat




Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, faktanya kayu secang bermanfaat juga dalam menjaga penampilan wajahmu. Konon, dengan sering mencuci muka dengan air rebusan kayu secang ini bisa membantu untuk mengatasi jerawat. Manfaat kayu secang ini diduga muncul karena kandungan brazilein yang ditemukan di dalam ekstraknya.


Brazilein sendiri adalah kandungan pigmen merah yang didapat ketika kita merebus kayu secang. Dalam sebuah penelitian tertentu juga mengungkapkan bahwa kandungan ini juga bisa secara ampuh melawan propionibacterium yang menyebabkan jerawat. 

5. Menurunkan Gula Darah dan Menjaga Kesehatan Hati




Selain keempat manfaat di atas, kayu secang juga bisa menurunkan kadar gula darah dan menjaga kesehatan hati. Dalam sebuah penelitian, didapatkan hasil bahwa ekstrak kayu secang dapat meningkatkan metabolisme glukosa pada tikus dengan hipoglikemia. Hipoglikemia sendiri adalah suatu kondisi dimana kadar gula darah berada di angka normal. 


Tidak hanya itu,  senyawa brazilin yang ditemukan dalam kayu secang juga dipervaya dapat melindungi untuk menjaga fungsi hati agar tetap sehat. Karena hati adalah salah satu organ terpenting yang dapat menyaring racun-racun yang ada di dalam tubuh. 


Itulah lima manfaat kayu secang untuk kesehatan yang sayang dilewatkan. Untuk mendapatkan manfaat kayu secang di atas, kamu juga harus memperhatikan bagaimana cara mengkonsumsinya yang baik dan benar. Kamu bisa merebus kayu secang dan meminum air hasil rebusannya. Tidak ada salahnya untuk menambahkan madu atau ekstrak lainnya untuk menambah cita rasa.
#dari berbagai sumber

  Komentar untuk Manfaat Kayu Secang Dan Cara Meminumnya

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. "Daring Sosialisasi Peta Bencana.id disaat Pandemi"

    Saffanah Mubarok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  20 Nov 2020
  2. Situasi dan Kondisi Bukan Hambatan Petani

    Izzatul Fajriyah  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  3. GURU TK ABA MENCOREK BERTEKAD MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIPENDIDIKAN USIA DINI

    Roy cahya pratama putra  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  4. Beritakan Lingkungan Sekitar, Pemuda Lamongan Adakan Kelas Jurnalisme Warga

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020

Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar

    The Secret of happiness

    Umi Hadiqotul Jannah  di  Jombang, Jember  |  21 Nov 2020
  2. 2
    Komentar

    Situasi dan Kondisi Bukan Hambatan Petani

    Izzatul Fajriyah  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  3. 2
    Komentar

    GURU TK ABA MENCOREK BERTEKAD MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIPENDIDIKAN USIA DINI

    Roy cahya pratama putra  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  4. 2
    Komentar

    GESEKAN YANG POSITIF

    TOKHIDUL MIKBAR  di  Jatibarang, Brebes  |  21 Nov 2020