Malam Tahun Baru 2020 di Dusun Gowok

1 January 2020, 10:59 WIB
3 0 98
Gambar untuk Malam Tahun Baru 2020 di Dusun Gowok
KebonharjoatmaGo.com

Malam pergantian tahun baru menjadi momen indah dan menggembirakan bagi banyak orang. Bahkan untuk menyambutnya sebagian orang rela mempersiapkan segala sesuatunya jauh hari sebelumnya. Menyambut tahun baru sepertinya sudah menjadi sebuah hal yang lumrah atau bahkan keharusan karena hanya bisa dinikmati setahun sekali. Dengan beragam acara dan kegiatan orang menyambut tahun baru. Tidak terkecuali menyambut tahun baru baik di perkotaan maupun di pedesaan mereka sama-sam bersuka ria dengan beragam acara, hiburan dan pertunjukan. Baik itu pesta kembang api, meniup terompet dan sebagainya.

Namun jauh dari hingar bingar. Sebagian masyarakat dusun Gowok menyambut tahun baru 2020 dengan keserdahanaan. Selasa, 31 Desember 2019 pukul 22.00 - 24.00 WIB. Tidak ada acara yang terkosentrasi dalam satu lokasi. Masing masing merayakan dan menyambut tahun baru dengan kreativitas masing-masing.

Dari pantauan penulis warga masyarakat dusun Gowok menyambut tahun baru 2020 terdapat di tiga titik lokasi. Di RT.03 warganya berkumpul di bukit sewatu dengan melakukan bakar enthog dan pesta kembang api. Yang diikuti sebagian warga. Sementara warga RT.02 ada bakar ayam dan pesta kembang api. Pesertanya bahkan diikuti oleh KKN UAJ. Menariknya di RT.02 peserta pesta kembang api dilakukan oleh para lansia. Mereka masih rela menunggu dan antusias menyambut pergantian tahun baru, meski umurnya telah lanjut, sudah tua tpi masih betah begadang sampai dini hari dan sangat luar biasa " demikian dikatakan Sunardi dukuh gowok.

Sedangkan di RT.01 berdasarkan pantauan tidak ada kegiatan yang menonjol yang melibatkan masyarakat. Hanya ada beberapa orang yang berkumpul dirumah warga sambil bercengkrama, bersantai sambil minum kopi sembari menyambut tahun baru dengan menonton acara televisi. Namun demikian perbedaan kegiatan dan acara yang ada di dusun gowok tidak menyurutkan masing-masing warga dalam menyambut tahun baru 2020.

Mereka hanya berharap bahwa di tahun 2020 ini bisa lebih baik dalam segala hal. Sehingga persoalan-persolan kesejahteraan yang menyangkut hidup hajat masyarakat bisa tercapai. Karena kedepan dusun Gowok masih terus berbenah dan membangun. Dalam menjunjung musyawarah, toleransi, budaya dan adat istiadat sebagai dimensi harmonisasi bermasyarakat masih perlu dikuatkan kembali. Sehingga ditahun mendatang semua sektor dapat tercapai dalam keberagaman. Persoalan kekeringan yang melanda setiap tahunnya dapat ditemukan solosi tepat. Ekonomi masyarakatnya juga bisa mengalami peningkatan dan lebih baik. Masyarakatnya semua bisa bersama-sama membangun dusun bahu membahu dalam kekeluargaan yang rukun dan damai. Semoga.

#dusungowokdesakebonharjo

  Komentar untuk Malam Tahun Baru 2020 di Dusun Gowok

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Komposisi Pembuatan Larutan Disinfektan

    Hendra Gilang  di  Malang Kota  |  23 Mar 2020
  2. Lawan Corona, Karang Taruna Desa Kedung Jaya melakukan kegiatan spraying Desinfektan

    Ariefbocahwates  di  Babelan, Bekasi Kabupaten  |  25 Mar 2020
  3. KARANG TARUNA BUNI BAKTI MENGGANDENG FORUM REMAJA UNTUK PENCEGAHAN COVID-19

    Ariefbocahwates  di  Babelan, Bekasi Kabupaten  |  28 Mar 2020
  4. RELAWAN APIK LAKUKAN PENGGALANGAN DANA DONASI COIN CORONA

    Abdul Hakim Sanii  di  Tarumajaya, Bekasi Kabupaten  |  27 Mar 2020

Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Merindukan Bale Bangket Buger (MB3)

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  27 Mar 2020
  2. 5
    Komentar

    PUSKESDES (Pusat Kesehatan Desa)

    Emy sibat mojopanggung  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  26 Mar 2020
  3. 3
    Komentar

    PMI BANYUWANGI SIAP BANTU WARGA LAWAN CORONA

    Mbak Ning  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  27 Mar 2020
  4. 2
    Komentar

    PMI BANYUWANGI LAWAN COVID-19 SAMPAI LOKASI BONGKAR MUAT MARINA BOOM BEACH

    Mbak Ning  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  27 Mar 2020