Makanan Minuman Olahan Berisiko Menyebabkan Kanker

29153 medium l6r7xcvd 400x400
Seseorang yang gemar mengonsumsi karbohidrat olahan (makanan ringan/snack dan makanan manis) dan minuman berpemanis, berisiko tinggi menderita kanker payudara dan kanker prostat, demikian menurut studi terbaru yang akan dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American Society for Nutrition.

Meskipun studi ini tidak membuktikan bahwa karbohidrat olahan sebagai penyebab kanker namun hubungan antara peningkatan konsumsi makanan olahan dengan kejadian kanker payudara dan kanker prostat ini bisa sebagai tonggak untuk mulai membatasi konsumsi makanan olahan jadi.

Sebagaimana kita ketahui, para ahli dibidang kesehatan telah lama menganjurkan untuk membatasi konsumsi minuman berpemanis dan makanan berkarbohidrat olahan serta memperbanyak konsumsi buah buahan, sayuran, biji bijan dan makanan berserat tinggi lainnya.

Lebih lanjut dalam studi ini disebutkan, pria yang gemar minum minuman berpemanis (soda dan jus buah olahan jadi) bila dibandingkan dengan pria yang tidak pernah mengonsumsi minuman tersebut, setelah diamati beberapa minggu, ditemukan peningkatan risiko kanker prostat pada pria yang suka mengonsumsi minuman berpemanis.

Pada wanita yang secara rutin mengonsumsi makanan berkarbohidrat sehat (buah buahan, sayuran, biji bijian) ditemukan 67% lebih rendah risikonya menderita kanker payudara bila dibandingkan dengan wanita yang gemar mengonsumsi makanan berkabohidrat olahan seperti makanan ringan, roti, dan lain lain.

Setelah membaca hasil studi ini, ada baiknya kita mulai mengubah pola makan sehari hari dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat agar terhindar dari risiko penyakit yang berbahaya.

Sudah dilihat 22 kali

Komentar