Makanan Hemat Ala Anak Kosan Yogyakarta

6 July 2019, 14:20
7 0 110
Gambar untuk Makanan Hemat Ala Anak Kosan Yogyakarta
Sebagai anak kos yang juga adalah perantau, kemampuan dalam mengatur keuangan sangat penting. Segala sesuatu yang ingin dibeli harus diteliti dan dicermati kebutuhannya. Termasuk membuat list kebutuhan berdasarkan skala prioritas. Urusan perut termasuk dalam skala penting (primer). Mending gak beli baju ketimbang gak makan. Pada umumnya anak kosan memegang prinsip ini. Karena jika perut kosong, maka otak pun sulit berpikir, tubuh menjadi lemas dan sulit beraktifitas juga orang yang dalam keadaan lapar akan membuat seseorang lebih mudah tersulut emosi.

Maka dari itu, penting sekali agar setiap bulan, jatah makan harus segera dipisahkan dan diutamakan dari kebutuhan lainnya. Dan dengan uang yang secukupnya itu, anak kosan juga harus memutar otak untuk melist berapa kali sehari ia bisa makan dan makanan apa saja yang bisa di makan agar tak menguras kocek terlalu dalam hingga akhir bulan.

Nah berikut ini redaksi AtmaGo merangkum makanan murah yang dapat menghemat pengeluaran anak kosan. Apa saja? Checek these out

1) Nasi Kucing
Kalau kamu yang baru pertama kali mendengar nama makanan ini berpikir nasi kucing adalah nasi untuk kucing, maka pikiran kita sama haha. Dulu, saya juga berpikir seperti itu, bahkan saya sempat berpikir makanan itu menggunakan daging kucing. Tapi tentu saja saya salah besar pemirsa. Tenang, makanan ini murni berbahan halal. Nasi dengan lauk berupa ikan teri atau tempe. Angkringan depan kosan ku biasanya menggunakan karet berwarna pink untuk lauk ikan teri dan karet berwarna putih untuk lauk tempe. Harganya kisaran 2-3 ribu rupiah. Porsinya? Jangan ditanya. Tentu sesuai dengan harga dong. Kira-kira secenteng nasi. Apa bisa kenyang? Tenang, anak kos selalu punya seribu satu jurus. Sehabis makan nasi kucing, minum air seliter, nah dijamin pasti kenyang dan tentunya hemattttt dong.

2) Indomie Seleraku
Indomie memang paling mengerti dimanapun dan dalam kondisi apapun. Mau di Gunung atau di Laut, jomblo atau ramai-ramai, berada atau sekarat, ia selalu mengerti. Mulai dari kemasan yang mudah dibawa kemana-mana, harganya yang tak menguras celangan uang receh, hingga varian rasanya yang mampu membuat anak kosan bisa merasakan kari ayam, rendang, soto, cakalang, dan ayam bawang meski hanya melalui kuahnya. Ah, kamu memang selalu mengerti dan menjadi andalan kami indomie #bukanendorse

3) Makanan Angkringan
Beragam jenis gorengan mulai dari tahu goreng, tempe goreng, hingga jenis persatean seperti usus, kikil, telur puyuh, kerang, sosing, bakso, bisa menjadi pilihan lauk anak kosan yang murah meriah. Kisaran harganya mulai dari 500-3000 rupiah.

4) Makanan buatanmu
Masak nasi dengan rice cooker yang ada di kosan mu. Beli sayuran sop harganya sekitar 2-3 ribu rupiah. Bawang merah beberapa biji seharga 2 ribu rupiah. Masak di dapur umum kosan. Banyakin kuahnya, biar bisa dimakan 2 kali. Nah jadi deh, masakan buatanmu yang murah meriah, nasi anget plus sayur sop sehat bergizi. Agar tak bosan kamu bisa gonta-ganti sayurannya hehe.

Itulah beberapa menu ala anak kosan Yogyakarta yang murah meriah. Silahkan dicoba

Penulis : @sucifitrahsyari

  Komentar untuk Makanan Hemat Ala Anak Kosan Yogyakarta

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!