Makam Keramat Nini Djendil Di Kampung Bayur, Jakarta Timur

23263 medium img 20180329 141429
Selama bertahun-tahun melintasi jalur inspeksi Kali Malang, baru hari ini pandangan penulis tertuju pada sebuah papan penunjuk yang berdiri di pinggir jalan, beberapa ratus meter menjelang Mall Cipinang Indah dari arah Bekasi.

Papan tersebut menjadi penanda atau petunjuk tentang keberadaan suatu "makam keramat".

Penulis berhenti sejenak, dan bertanya kepada seorang pria yang sedang nongkrong di dekat jembatan kecil yang menyeberangi Kali Malang, tempat dimana papan penunjuk berdiri.

Pria itu menjelaskan secara singkat, bahwa Nini Djendil adalah nama tokoh zaman dahulu di Kampung Bayur.

Penulis baru kali ini mendengar nama itu, entah nama yang dimaksud apakah sudah ada di catatan sejarah atau mungkin hanya urban legend kampung setempat.

Dia menunjukkan letak makam yang berada di belakang bangunan kampus Universitas Borobudur, masuk wilayah Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

Penulis belum sempat untuk meninjau langsung ke lokasi makam, karena penulis lalu melanjutkan perjalanan.

Pihak kelurahan atau dinas terkait, mungkin dapat menginvestigasi validitas tokoh yang dimaksud, sebagai penambah wawasan kesejarahan.

Dan peran serta para ulama pun diperlukan, untuk mencerahkan dan menyadarkan,
karena tidak dapat dipungkiri, sebagian masyarakat kita banyak terjebak pada praktek klenik yang menjurus syirik berkaitan dengan makam-makam keramat.

Ziarah kubur sebagai pengingat akan kematian, ironisnya banyak diselewengkan.
Sudah dilihat 567 kali

Komentar