Mahasiwa Belajar Budaya Gotong Royong Bersama Warga Dusun Kayoman Gunungkidul

67449 medium post 71791 3d37d167 b34d 43c6 9e1b 85f5a687b5da 2019 07 21t21 37 51.751 07 00
KAYOMAN - Terik matahari pagi hingga siang ini tampaknya tak begitu dirasakan oleh warga masyarakat Dusun Kayoman, Gedang Sari, Gunung Kidul, Minggu (21/7/2019).

Masyarakat terus bersemangat menyelesaikan pembangunan Balai Dusun Kayoman.
Selain pembangunan balai Dusun, terdapat pula pembangunan talud. kegiatan tersebut sekaligus melakukan pembenahan talud serta penyiapan untuk optimalisasi lahan guna menyongsong hari kemerdekaan RI yang didukung penuh oleh kepala dukuh dan masyarakat serta mahasiswa mahasiswi KKN UIN Sunan Kalijaga kelompok 248.
Kepala Dusun Kayoman, Bapak Harto Susilo bersama lebih dari 30 warga dusun ditambah 8 mahasiswa KKN dan karang taruna yang turun tangan membantu mengembangkan wilayah dusun dengan perbaikan fasilitas dan infrastruktur yang ada.

Pembangunan balai Dusun telah dimulai sejak 2 tahun yang lalu. Sumber dana yang digunakan berasal dari swadaya masyarakat Dusun Kayoman. Gotong royong ini akan dilaksanakan rutin setiap minggu nya hingga menjelang perayaan hari kemerdekaan RI, dalam rangka menyemarakkan kerukunan warga antarsatu sama lain.

Tangan-tangan masyarakat mulai dari pemuda, paruh baya hingga renta baik pria maupun wanita tampak bergotong royong membangun balai dusun dan talud yang melintas di tengah dusun nya.
Mereka tampak semangat mencangkul tanah yang akan ditanam tumpukan batu kali sebagai talud penguat jalan, mengangkat batu, air hingga mengaduk campuran semen dan pasir merapi.
Sesekali gurauan serta celotehan warga membuat gelak tawa yang seolah dapat mengikis rasa lelah masyarakat.
Sudah dilihat 61 kali

Komentar