Mahasiswa KKN Revolusi Mental Kelompok 55 UIN SMH Banten Adakan Penyuluhan Kebersihan Lingkungan

69450 medium post 73401 108636b3 84c9 407b 92ca 650de523a0ab 2019 08 10t01 57 53.974 07 00
Cimarga.,| - Beberapa pengurus desa dan puluhan masyarakat Desa Cimarga, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, mengikuti kegiatan penyuluhan yang bertemakan "Memberdayakan Masyarakat dan Kebersihan Lingkungan Hidup" yang difasilitasi oleh mahasiswa KKN (kuliah kerja nyata) bertempat di balai Desa Cimarga.
.
Sutrisno selaku Ketua Kelompok KKN 55 menuturkan bahwa penyuluhan ini bertujuan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan pentingnya menjaga kebersihan alam lingkungan.
.
"Menjaga kebersihan merupakan hal paling fundamental sebagai bentuk pencegahan terhadap penyakit dan bencana alam" katanya saat di wawancarai oleh tim Atmago.com. Jum'at (9/8/2019).
.
Ia melanjutkan, adapun tujuan penyuluhan ini, selain bentuk pencegahan sekaligus membangkitkan kembali gotong royong di masyarakat guna memelihara kerukunan dan kesejahteraan bersama.
.
Mansori S.Pd.I., narasumber dari anggota Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Lebak menyampaikan bahwa kesadaran bersama merupakan hal terpenting untuk menjaga kebersihan Desa. "Setelah ada kesadaran bersama baru kita melakukan pengolahan sampah untuk dikembalikan kepada masyarakat keuntungannya," kata Mansori yang juga selaku Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Modern Darun Na'im.
.
Ia melanjutkan, pengolahan sampah dapat juga memberikan keuntungan untuk dikembalikan ke masyarakat itu sendiri. "Sampah itu dapat di daur ulang dengan kreatifitas dan inovasi dari masyarakat sendiri agar mendapatkan daya jual-beli di pasaran" pungkasnya.
.
Di tempat yang sama, Bapak Entis selaku perwakilan dari desa Cimarga, menuturkan memang sebaiknya kita memiliki satu titik center lahan untuk dijadikan tempat pengolahan sampah.
.
"Sudah seharusnya memang setiap desa memiliki tempat pengolahan sampah agar bisa melakukan pengolahan sampah yang kian hari kian menimbun." Paparnya.
.
Masyarakat dan beberapa pengurus desa lainnya menyimak mendengarkan penyuluhan dan meminta agar mahasiswa menjadi pemotor gerakan pengolahan sampah di sisa waktu KKN yang ada.
. #AtmagoBanten #Atmago
Sudah dilihat 123 kali

Komentar