LPMK Wirogunan Turut Serta dalam Desiminasi Arah Kebijakan Penataan Ruang di Kota Yogyakarta

4 0 235
Gambar untuk LPMK Wirogunan Turut Serta dalam Desiminasi Arah Kebijakan Penataan Ruang di Kota Yogyakarta
Penataan ruang wilayah Kota Yogyakarta, diperlukan perencanaan arah perwujudan ruang wilayah Kota Yogyakarta yang ingin dicapai pada masa yang akan datang (selama 20 tahun). Untuk memberikan informasi atas arah kebijakan penataan ruang di Kota Yogyakarta Pasca Penetapan RTRW Provinsi DIY tahun 2019, maka Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) Kota Yogyakarta mengadakan acara Desiminasi.

Desiminasi (Dissemination) adalah suatu kegiatan yang ditujukan kepada kelompok target atau individu agar mereka memperoleh informasi, timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut.

Desiminasi arah kebijakan penataan ruang di Kota Yogyakarta Pasca Penetapan RTRW Provinsi DIY tahun 2019, dilaksanakan pada Selasa (26/11/2019) di Ruang Rapat Arjuna (Auditorium Dinas Perizinan) Lt. 3 Kompleks Balaikota Yogyakarta.

Penyelenggara kegiatan Desiminasi tersebut Bidang Pengaturan & Pembinaan Tata Ruang Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) Kota Yogyakarta.

Peserta Desiminasi sebanyak 110 peserta, antara lain Bapeda, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perhubungan, Bagian Hukum, Sekretariat Daerah dan Dinas terkait lainnya, Kelurahan Siaga, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) se-Kota Yogyakarta, Pamerti Code, FKWA, Forsidas Gajah Wong, AKSY, HRC, Karangwaru River Side, WALHI dan sebagainya.

Kepala DPTR Kota Yogyakarta, Ir. HarinSetyowacono, MT. dalam sambutan pembukaan menyatakan Desiminasi arah kebijakan penataan ruang di Yogyakarta ini, dimaksudkan agar peserta memiliki perspektif yang menyeluruh  atas tata ruang di Kota Yogyakarta.

Peraturan Daerah (PERDA) Nomor 5 tahun 2019, tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2019 – 2039, sebagai acuan dalam penyusunan tata ruang di Kota Yogyakarta yang saat ini sedang melakukan revisi atas Perda RTRW Kota Yogyakarta. Revisi atas Perda No. 1/2019 sedang dalam proses revisi, sehingga arah kebijakan dapat mengakomodir dalam perda DIY yang baru.

"Peserta Desiminasi diharapkan mengetahui dan memahami apa yang menjadi arahan kebijakan dalam RTRW Provinsi, sehingga dapat mengambil sikap untuk menyesuaikan dan diambil peran masing-masing agar terwujud sinergi yang maksimal", ujarnya.

Narasumber sebanyak 4 orang menyampaikan secara panel dengan perspektif yang berbeda atas arah kebijakan tata ruang keterpaduan revisi RTRW Kota Yogyakarta dengan arahan RTRW DIY tahun 2019-2039. Narasumber tersebut (1) Muhammad Zulhanif Harahap dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY dengan materi Keterpaduan Revisi RTRW Kota Yogyakarta dengan Arahan RTRW DIY 2019-2039; (2) Deva Fosterharoldas Swasti, ST., M.Sc.,Ph.D dari Program Studi Perencanaan Wilayah & Kota (PWK) UGM Yogyakarta tentang Dampak dan Konsekuensi atas Penetapan Perda RTRW DIY terhadap Kota Yogyakarta; (3) Muhamad Zani Roy mansyah dari Ikatan Ahli Perencana Indonesia; dan (4) Anisah Mahardika darintim Draft Revisi Perda RTRW Kota Yogyakarta.

Ketua LPMK Wirogunan, Abdul Razaq, S.I.P., M.S.i menyatakan bahwa sosialisasi atas RTRW bermanfaat bagi masyarakat, sehingga kita akan mengetahui arah kebijakan atas tata ruang di Kota Yogyakarta. Paling tidak, wawasan tersebut dapat menambah pemahaman dan dapat ditularkan pada pihak lain atau masyarakat di wilayah Wirogunan. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#TerusBergerak
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Pray For Indonesia Januari 2021

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Klaten Utara, Klaten  |  17 Jan 2021
  2. Pray For Indonesia From Tangerang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cisauk, Tangerang Kabupaten  |  19 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Pembukaan Beasiswa Banyuwangi Cerdas 2021

    Wisnu Artedjo  di  Banyuwangi  |  21 Jan 2021
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar

    Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021
  4. 1
    Komentar

    Pengungsi Banjir Kota Pekalongan Telah Kembali Ke Rumah Masing-Masing

    Siswoyo R  di  Pekalongan Kota  |  21 Jan 2021