LPMK Wirogunan Mengapresiasi Sosialisasi Perda DIY tentang Penanggulangan Bencana

24 October 2019, 17:13 WIB
1 0 83
Gambar untuk LPMK Wirogunan Mengapresiasi Sosialisasi Perda DIY tentang Penanggulangan Bencana
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta hari Kamis (24/10/2019) bertempat di Wisma Sargede, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta melaksanakan Sosialisasi peraturan perundangan-undangan tentang penanggulangan bencana di Kota Yogyakarta.

Sosialisasi peraturan perundang-undangan terkait Perda DIY No. 13 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Perda DIY No. 8 Tahun 2010 tentang Penanggulangan Bencana. Disamping peraturan terkait dengan pemanfaatan dana kelurahan untuk penanggulangan bencana.

Peserta sosialisasi berasal dari Lurah, LPMK, Forum KTB se-Kec. Pakualaman, Kec. Gondomanan, Kec. Danurejan, Kec. Kraton, Kec. Mergangsan, Kec. Umbulharjo dan Kec. Kotagede, Ketua Katana dan staf BPBD Kota Yogyakarta.

Narasumber dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Bappeda Kota Yogyakarta, Ristiyawati dan Kepala pelaksana BPBD Kota Yogyakarta, Hari Wahyudi, SE.

Ristiyawati kerap disapa Wati, menyampaikan materi pemanfaatan Dana APBD Kota Yogyakarta untuk Penanggulangan Bencana sesuai dengan peraturan perundang-undangan dari Bapeda Kota Yogyakarta. "Pengalokasian anggaran dana kelurahan dapat digunakan untuk menanggulangan kebencanaan, misalnya dalam bentuk pelatihan dan ketrampilan dalam penanggulangan bencana", ujarnya.

HarimWahyudi menjelaskan bahwa diharapkan dalam Musrenbang daapt mengalokasikan anggaran untuk antisipasi kebencanaan, misalnya dalam bentuk pelatihan selama 2 hari. Hari pertama berisi materi pengetahuan dan wawasan kebencanaan dan hari kedua digunakan untuk praktek kebencanaan.

Lebih lanjut, Hari menjelaskan bahwa saat ini di Kota Yogyakarta telah terbentuk 112 KTB dan diharapkan hingga akhir tahun 2019 akan terbentuk 115 KTB dari 170 kampung di Kota Yogyakarta. "Diharapkan LPMK dapat menganggarkan untuk kesiapsiagaan bencana, khususnya dalam bentuk simulasi dan latihan kebencanaan", ujarnya.

Ketua LPMK Kel. Wirogunan, Abdul Razaq menuturkan bahwa sosialisasi peraturan perundang-undangan ini sangat bermanfaat bagi pengambil kebijakan di wilayah, khususnya bagi Lurah dan LPMK. Dengan wawasan dan pengetahuan yang diperoleh dalam sosialisasi ini, akan memudahkan dalam komunikasi dan koordinasi di lapangan, khususnya dalam mengalokasikan anggaran.

Ia menegaskan, bahwa di Kelurahan Wirogunan telah terbentuk 3 Kampung Tangguh Bencana (KTB), yaitu KTB Bintaran, KTB Joyonegaran dan KTB Surokarsan. KTB di wilayah Wirogunan setiap tahun melaksanakan simulasi. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#BPBDKotaYogyakarta
#KTB
#TerusBergerak
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar untuk LPMK Wirogunan Mengapresiasi Sosialisasi Perda DIY tentang Penanggulangan Bencana

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. New Normal Starter Pack

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Cibeurum, Sukabumi Kota  |  30 May 2020
  2. Warga RW 22, Mergangsan Kidul Sulap Selokan Jadi Lahan Budidaya Ikan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  2 Jun 2020
  3. Viral Video Anak Merokok, Yayasan Lentera Anak : Pelanggaran Peraturan Dan Hak Anak

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Jagakarsa, Jakarta Selatan  |  28 May 2020
  4. Penyakit Cengkal

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Kalipuro, Banyuwangi  |  30 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar

    Aceh Sukses Putus Rantai Penyebaran COVID

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  28 May 2020
  2. 3
    Komentar

    TIDAK PERLU AJARI KAMI NEW NORMAL, SUDAH BIASA BOSCU

    Dhani Rama  di  Palu Kota  |  1 Jun 2020
  3. 3
    Komentar

    KAMPUNG UJUNG BERBENAH SAMBUT NEW NORMAL

    Ayu Darwiyanti  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  31 May 2020
  4. 2
    Komentar