LPMK dan Camat Mergangsan Turutserta Gelar Hasil Penegakan PERDA Kota Yogyakarta Tahun 2019

11 December 2019, 11:44 WIB
4 2 278
Gambar untuk LPMK dan Camat Mergangsan Turutserta Gelar Hasil Penegakan PERDA Kota Yogyakarta Tahun 2019
Gelar hasil penegakan Peraturan Daerah Kota Yogyakarta bertujuan untuk mengevaluasi hasil kerja sekaligus menampung gagasan baru untuk hasil yang lebih baik. Selain itu sebagai bentuk transparansi dan pertanggungjawaban Pemerintah Kota Yogyakarta dalam menegakkan peraturan daerah.

Gelar hasil penegakan Perda dilaksanakan pada Rabu (11/12/2091) di Ruang Bima Balaikota Yogyakarta. Penyelenggaran kegiatan ini Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat se-Kota Yogyakarta, FKDM, LPMK se-Kota Yogyakarta, PolPP, Kapolsek se-kota Yogyakarta, Kampung Panca Tertib se-Kota Yogyakarta, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat.

Narasumber dalam kegiatan gelar penegakan Perda adalah Walikota Yogyakarta, Kepala Dinas Keteriban Kota Yogyakarta, Ketua DPRD Kota Yogyakarta, Kapolresta Yogyakarta, Komandan KODIM 0734 Yogyakarta, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta dan Kepala Kejaksaan Negeri Yogyakarta dan Kepala Satpol Pamong Praja Kota Yogyakarta.


Walikota Yogyakarta dalam pengarahannya menyatakan bahwa Forum Gelar Hasil Penegakan Perda ini merupakan salah satu bentuk transparansi dan pertanggungjawaban Pemerintah Kota Yogyakarta dalam menegakkan  dan menujunjung tinggi hukum.

Kapolresta Yogyakarta Kombes Armaini dalam paparannya menyampaikan  Yogyakarta saat ini masih ada klitih. Klitih merupakan salah satu fenomena sosial yang terjadi di Yogyakarta. Pada umumnya, pelaku klitih akan mengincar target, pada umumnya, merupakan siswa SMA pesaing atau anggota geng pesaing di daerah yang dianggap sepi, kemudian pelaku melakukan perundungan (bullying) secara fisik terhadap pelaku.

"Perlu Peraturan Daerah untuk antasipasi  klitih dimasa yang akan datang, karena klitih ini adalah masalah kita semua. Masyarakat Yogyakarta jangan takut dengan Klitih", sarannya.

Sementara Komandan KODIM 0734/YKA dalam paparannya terkait dengan "Dukungan KODIM 0734 Yogyakarta dalam menegakkan peraturan daerah Kota Yogyakarta". Menegakkan perda menjadi tangung jawab semua pihak. Disamping itu, Kodim 0734 telah melaksanakan beberapa kegiatan antara lain Komunikasi sosial,
Pembinaan ketahanan wilayah dan bakti TNI.

"Keterlibatan Kodim dalam rurut serta menjaga ketertiban dan kenyamanan di Kota Yogyakarta akan terus dilakukan. Pendekatan yang kami, lakukan dengan pembinaan Budaya dalam berbagai kegiatan", ujarnya

Selain itu Pengadilan Negeri Kota Yogyakarta menyampaikan materi terkait, "Mewujudkan efek jera bagi pelanggar Perda Kota Yogyakarta". Suparman, S.H., M.H. salah satu hakim di PN Yogyakarta yang mewakili Ketua PN Kota Yogyakarta.

Dia menyampaikan, bahwa kasus yang masuk dalam PN Yogyakarta di tahun sebanyak 498 kasus, turun dibandingkan dengan tahun 2018.

"PN Yogyakarta tidak pernah membebaskan pelanggaran terkait dengan ketertiban dan Perda Kota Yogyakarta", ujarnya

Selain itu Kepala Kejaksaan Negeri menyampaikan terkait "Verstek (Putusan Diluar Hadirnya Terdakwa) bagi tersangka dalam pelanggaran Peraturan Daerah Kota Yogyakarta". Dalam paparannya, menyampaikan Perkara tipiring yang disidangkan dilimpahkan atas kuasa penuntut umum, yang menjadi masalah adalah saat dieksekusi.

"Dalam praktik ada masalah yang dihadirkan saat itu, dan diputuskan oleh hakim tunggal saat itu juga, dan diputuskan saat itu juga dengan hadir atau tidak hadirnya terdakwa", katanya.

Ketua DPRD Kota Yogyakarta, H. Danang Rudiyatmoko menyampaikan terkait "Dukungan DPRD Kota Yogyakarta dalam Penegakan Peraturan Daerah". Penegakan perda bagian penting dalam penegakan peraturan daerah.
"Minuman beralkohol akan dibuatkan Peraturan Daerah Minuman Ber-alkohol dan saat ini sedang dibuatkan naskah akademis. Tahun 2020, akan dibuat draft Perdanya", ujarnya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan APBD Kota Yogyakarta sangat tergantung Pariwisata dan Pariwisata sangat tergantung keamanan. Kita galakkan panca tertib, dan libatkan elemen masyarakat untuk mengurasi kerawanan di wilayah.

Setelah paparan dari berbagai narasumber yang dipandu oleh Haris Syarif Usman, Tokoh Masyarakat, yang juga penggiat Karang Taruna dan Penggiat Kali Code, dilanjutkan dialog atau diskusi.

Dialog dipandu Haris Syarif Usman berjalan antusias dan responsif dari peserta. Berbagai persoalan wilayah disamapikan, mulai dari penggunaan jalan, bangunan di pinggir kali code, memaksimalkan kampung Panca tertib dengan inovasi yang bervariatif untuk menanamkan value di masyarakat, dan berbagai masalah sosial masyarakat.

Gelar Hasil Penegakan Perda Kota Yogyakarta, juga dihadiri oleh Camat Mergangsan, Rini Rahmawati, S.IP., M.Si, Ketua LPMK se-Kec. Mergangsan.

Ketua LPMK Brontokusuman, memanfaatkan dialog tersebut dengan menyampaikan permasalahan bangunan yang berada di pinggir kali code di wilayah Kel. Brontokusuman agar ada tindak lanjut dan solusi terbaik.

Lebih lanjut dia menyampaikan, bahwa sebelumnya telah dilakukan upaya oleh RT, RW, tokoh masyarakat dan pihak kelurahan, namun belum membuahkan hasil. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#TerusBergerak
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  2 Komentar untuk LPMK dan Camat Mergangsan Turutserta Gelar Hasil Penegakan PERDA Kota Yogyakarta Tahun 2019

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Related Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Penimbunan Lokasi Smelter PT. GNI Diduga Tidak Memiliki IUP

    Sandy Makal  di  Morowali Utara  |  24 Jan 2020
  2. Dugaan Pencemaran Nama Baik, Hendly Tempuh Jalur Hukum

    Sandy Makal  di  Palu Kota  |  15 Jan 2020
  3. MAKSIMALKAN ATMAGO SEBAGAI UPAYA KESIAPSIAGAAN BENCANA

    Agus Basuki RAPI  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  4. SAMPAH BAGAIKAN KELUARGA

    Konco Longok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020

Komentar Terbanyak

  1. 11
    Komentar

    MAKSIMALKAN ATMAGO SEBAGAI UPAYA KESIAPSIAGAAN BENCANA

    Agus Basuki RAPI  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  2. 9
    Komentar

    PENGENDANG BANYUWANGI (FATWA AMIRULLAH)

    fatwa amirullah kendang  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020
  3. 5
    Komentar

    SAMPAH BAGAIKAN KELUARGA

    Konco Longok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  4. 5
    Komentar

    BPBD BANYUWANGI SIAGA BENCANA(diklat pmi)

    Hendika Londho  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020