LPBH NU Kediri bersama Kodim Kediri kompak sikat habis hoax

23810 medium img 20180413 wa0025
KEDIRI. Makodim 0809/Kediri kali ini ketamuan LPBH NU (Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama) Kediri, dan kedatangannya ini terkait jargon “lawan dan tolak hoax”. Bersama Dandim Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno dan Pasi Ter Kodim Kediri Kapten Inf Warsito, Taufik Dwi Kusuma bersama rekan-rekan LPBH NU, berbincang santai di ruang tamu Makodim Kediri, jumat (13/04/2018)

Silaturahmi LPBH NU ini tidak lepas dari visi kedepan, dengan menggandeng Kodim Kediri, untuk bersama-sama memberantas hoax dari lingkup terkecil hingga yang terbesar. Menurut Taufik Dwi Kusuma, hoax sudah mulai menjadi-jadi dan ada sebagian yang masuk ke ranah paling sensitif.

“Kami dari LPBH, ingin mengumpulkan semua komponen masyarakat, dari yang terkecil hingga terbesar. Komponen masyarakat yang terwakili ini, nantinya kumpul bareng dalam satu acara, satu tujuan, yaitu deklarasi anti hoax secara massal,” ujarnya.

Masyarakat Kediri, lanjutnya, memang berdasarkan riwayat, tidak mudah terprovokasi isu-isu SARA, intoleransi atau adu domba, tetapi kalau hoaxnya juga sangat masif, bisa jadi masuk dalam pemikiran sebagian masyarakat. Baginya, hoax seperti penyakit yang mudah menular, apalagi keberadaan media sosial, kerap sekali menjadi kandang dari penyebaran hoax, entah itu facebook, youtube, twitter atau instagram.

Disisi lain, Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno memandang perlu adanya komunikasi berbagai arah, tidak hanya Kodim Kediri saja, karena keterlibatan masyarakat dalam jumlah besar, perlu support dari instansi lain.

“Disini ada Pemkab, Pemkot, Polres, Polresta, perlu kita ajak sama-sama. Kalau semua sepakat satu suara mendeklarasikan anti hoax, saya optimis dari atas kebawah atau sebaliknya dari bawah keatas, semua mengena dan efektif, bukan sekedar deklarasi saja, tetapi penerapannya juga,” katanya.

Selain itu, LPBH NU Kediri menyerahkan platform berbentuk buku, berisikan tindakan proaktif dalam melawan atau menolak segala bentuk hoax, dan Kodim Kediri juga sangat tegas menentang segala bentuk apapun yang mengandung unsur hoax.
Sudah dilihat 57 kali

Komentar