Longsor Di Pekayon Belum Diperbaiki

warga di sekitar Anda in Pasar Rebo, Jakarta Timur
6541 medium longsor di pekayon belum diperbaiki
Hujan deras yang terjadi sejak Sabtu (27/8) lalu, sedikitnya menyebabkan lima titik longsor di Kelurahan Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Satu di antaranya bahkan memicu bagian rumah warga di RT 14/01 ikut ambles tergerus longsor.

Pantauan Beritajakarta.com, longsor di Saluran Penghubung (PHB) Sawi Jalan Lewa RT 06/10 ini sepanjang sekitar 10 meter dan lebar tiga meter. Tinggi saluran PHB yang longsor sekitar dua meter.

Lurah Pekayon, Nunuk Widyastuti mengungkapkan, lima lokasi longsor ini masing-masing di Jalan Lewa RT 06/10, RT 14/01, RT 15/09, RT 05/01, dan RT 12/01. Seluruhnya belum ditangani oleh Sudin Tata Air. Untuk sementara, pihaknya mengerahkan petugas PPSU untuk melakukan perbaikan.

"Kami hanya menangani yang sifatnya sementara. Ke depan harus ditindaklanjuti oleh Sudin Tata Air agar diturap ulang," kata Nunuk.

Rata-rata longsor terjadi di bantaran saluran PHB Sawi. Kondisi bantaran juga banyak bangunan yang menjorok ke kali. Sehingga kali yang lebarnya delapan meter saat ini hanya menyisakan empat hingga dua meter.

Wali Kota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana, saat meninjau lokasi longsor menyebutkan, kondisi bantaran Saluran PHB Sawi memang cenderung labil. Sehingga mudah tergerus longsor saat permukaan air di salurah PHB itu tinggi.

"Turap juga tidak ada lubang-lubang airnya. Padahal harusnya turap ini ada lubangnya untuk aliran air," tandas Bambang.

Sumber: Berita Jakarta

Komentar